Tulisan Terbaru

SAVE THE EARTH WITH INTERNET

Anda pasti sudah mengetahui kondisi bumi saat ini yang semakin panas karena meningkatnya kadar CO2 yang dihasilkan dari pembakaran hutan untuk menggenapi kebutuhan manusia disegala bidang. Bumi telah dikotori berbagai limbah dan polusi dari berbagai industri yang memproduksi kertas, tinta, cat, lem dan bahan-bahan lainnya. Hingga saat ini kampanye penyelamatan bumi sudah banyak dilakukan, bahkan hari ini Sabtu, 28 Maret 2008 nanti malam jam 20.30 – 21.30 sebagai salah satu bentuk kampanye penyelamatan bumi untuk menekan pemanasan global akan dilakukan dengan gerakan mematikan lampu sejagat. Kampanye ini diberi nama earth hour 2009 yang dimotori oleh WWF (World Wildlife Fund)
Jadi, apa sih hubungannya dengan internet?
Internet adalah media yang paling digandrungi saat ini yang bisa dipergunakan untuk mempercepat akses informasi dan juga sebagai gudang penyimpanan segala informasi yang dibutuhkan manusia. Saat ini Internet sudah dirasakan manfaatnya sebagai media yang efektif dan efisien dalam melayani setiap kebutuhan manusia.
Bukan hanya sebatas itu, internet juga bisa berperan dalam penyelamatan bumi, dengan alasan sebagai berikut:
  • Dengan internet kita bisa membuat e-mail(surat elektronik), sehingga bisa mengurangi pemakaian kertas, prangko, biaya lem untuk menulis surat atau membuat surat lamaran. Dengan demikian pabrik penghasil pulp dan bahan pabrik lainnya akan mengurangi produksi kertas dan bahan lainnya yang sejenis.
  • Dengan internet kita bisa membuat e-book (buku elektronik), juga mengurangi pemakaian kertas dan bahan-bahan pembuat buku, serta mengurangi transportasi untuk menghantar buku sampai ke tempat tujuan
  • Dengan berinternet kita bisa membaca e-news (berita elektronik), juga mengurangi konsumsi kertas, karena kita tidak terlalu sering lagi beli koran,majalah,tabloid, berita mingguan. Dengan demikian sampah-sampah kertas akan berkurang.
  • Dengan berinternet kita juga bisa membaca pengumuman online, jadi pihak sponsor atau pihak pelaksana tidak mesti cetak brosur banyak-banyak, seperti info lomba blog Djarum Black dan info lomba inovation di Blackinnovationawards, dapat dibaca melalui internet tanpa mereka menghabiskan kertas untuk cetak brosur,dll
  • Dengan berinternet kita juga bisa melakukan transaksi bank melalui internet banking, sehingga tidak perlu mencoteri slip setoran atau slip tagihan dan memakai pulpen,stempel,dll untuk melakukan transaksi.
Dengan keterangan di atas, internet bisa menghemat pemakaian barang-barang habis pakai, dan tentunya akan mencegah tumpukan sampah-sampah dan penebangan pohon untuk tujuan pulp kertas serta industri kertas akan lebih melakukan efisiensi.
Save the earth.






1 comment:

Kristina Dian Safitry said...

dan dampak dari internet pula,tagihan bulanan jadi bengkak,wkekkk...

Blog Archive