Tulisan Terbaru

NYAMAN DENGAN DIRI SENDIRI

Be your self! Istilah ini tentunya sudah sering kita dengar. Tidak tahu persis makna yang dikandungnya. Apakah mungkin karena seseorang merasa tidak percaya diri atau karena seseorang menjadi follower bagi orang lain sehingga istilah ini tercipta? Ok..tidak masalah, yang pasti kalimat singkat dan manis ini pasti berhubungan dengan pribadi, sikap dan prinsip.

Seseorang yang membuat dirinya berpotensi dan memiliki banyak nilai positif serta memiliki kepercayaan diri yang tinggi tentunya akan mampu menangani berbagai hal dan menjadi seorang yang selalu mobile dan berkinerja tinggi di berbagai bidang aktivitas. Tentunya hal ini diikat dengan sebuah syarat “jangan berlebihan” atau “over acting”

Sebaliknya masih banyak orang “merasa” memiliki rasa percaya diri yang rendah, yang lama kelamaan akan berlanjut ke sifat-sifat tertutup, merasa khawatir atau takut. Hal ini akan mempengaruhi banyak hal, seperti kemampuan  untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain akan rendah. Setiap ingin melakukan sesuatu akan merasa tidak mampu walau hal itu masih diambang batas kemampuannya. Dengan demikian, mereka tampak tidak merasa nyaman dengan diri sendiri. Hal ini akan berdampak ke kinerja yang buruk di mana dan kapan saja.

Jika dilihat dari faktor penyebabnya secara umum, ini disebabkan karena seseorang "merasa" tidak ada nilai-nilai positif atau keunggulan yang dimilikinya. Dengan demikian akan selalu menganggap orang lain lebih hebat, lebih unggul, lebih tampan, lebih cantik, lebih ini dan itu.

Bagaimana jika hal ini terjadi pada diri Anda?

1.    Be grateful for what you have. Bersyukurlah atas apa yang Anda miliki.
2.    Belajar mencintai dan menghargai apa yang Anda miliki sekarang.
3.    Selalu berpikir positif dan jujur terhadap diri Anda.
4.    Tidak salah “memuji” diri dan mengangkat harga diri  secara mental dan fisik

So, jika sudah demikian, Anda akan nyaman dengan diri sendiri, dan inilah awal dari segalanya…

4 comments:

cahyadi said...

Tulisan yang bagus mas... beberapa tahun yang lalu aku pernah mengalaminya... semuanya menjadi berubah ketika aku mau membuka diri dan bergaul dengan orang lain tepat seperti yang mas anjurkan... makasih mas...

rumah blogger said...

mensyukuri menjadi diri sendiri, jangan menjadi orang lain...

lina@happy family said...

Tulisan yang mencerahkan; sebelum bisa mencintai orang lain, kita harus mencintai dan nyaman dengan diri sendiri dulu...

Jimox said...

pas banget sama yang saya alami sekarang mas, kadang-kadang aku merasa kurang PD dengan diriku.
mungkin apa karena aku kurang mensyukuri apa yang aku punya sekarang ya?

Blog Archive