Tulisan Terbaru

FACEBOOK PENGUKUR SUASANA

Dengan hampir 300 juta pengguna di situs jejaring sosial ini, dari kalangan remaja hingga orangtua, saat ini facebook setidaknya telah dapat dibuat acuan untuk mengukur suasana yang sedang berlangsung saat ini. Dengan membaca dan menghitung-hitung jumlah kata-kata positif dan negative, kata-kata dukacita dan sukacita atau kata-kata sedih dan gembira di status para pengguna, maka dapat diketahui secara umum bagaimana suasana hati atau hari saat itu.

Setiap hari, melalui update status di facebook, orang-orang saling berbagi apa yang mereka rasakan termasuk hal-hal penting dalam kehidupan mereka. Dari setiap status yang ada kita bisa melihat apakah seseorang itu memiliki hari-hari yang indah,buruk,mengecewakan atau menyenangkan. Biasanya orang-orang yang merasa senang akan membuat status yang menunjukkan sukacita seperti ‘bahagianya aku”, “wow ruar biasa”, “hari yang cerah”,dll. Sedangkan kata-kata “ membosankan’,”capek uihhh” bersedih” “sakit luar dalam”,dll pasti mereka sedang dilanda masalah. Demikian juga jika banyak status “turut berduka cita” “korban gempa”, “selamat jalan mbah surip”, dll menandakan bahwa sedang terjadi sebuah suasana berduka.Dari berbagai peristiwa yang lalu misalnya peristiwa Bom JW Marriot, meninggalnya Michael Jackson dan peristiwa gempa di sumbar, suasana hati orang-orang pada saat itu tampak labil atau bersedih yang dapat dilihat dari ungkapan-ungkapan di status mereka. Sebaliknya saat puncak liburan lebaran kemarin hampir semua orang bersenang dan berbahagia dengan ungkapan status yang ceria, ringan dan segar.

So, dengan membaca - baca status dan menghitung-hitung berapa ungkapan yang postif dan negative, maka facebook bisa menunjukkan suasana hati dan suasana “ iklim” kehidupan saat itu.
Bagaimana menurut Anda?


Oh ya bagi teman-teman, VOTE ya blog ini di cibfest 2009. Yang vote berkesempatan dapat IPOd lho. Untuk vote, KLIK DI SINI

9 comments:

jimox said...

ada-ada aja nih ide posting nya mas, saya kok nggak kepikiran ya? hehe..
yapz bener banget, status di facebook bisa di jadiin acuan, bagaimana keadaan sekarang ini.
:)

komputer-tech said...

wah mantab! bener banget tuh mas,....

Newsoul said...

Nice posting. Ya, ada benarnya. Kalau dari orang tua ke anak, fungsi facebook yang seperti ini sangat bermanfaat. Orang tua jadi tau situasi hati anak-anaknya. Masalahnya, apa iya anak-anak mengadd ortu mereka sebagai teman di Fb atau sebaliknya...!? Kalau secara pribadi, tidak semua yang berkelebat di kepala, di jiwa, harus kita umumkan pada khlayak. Tapi itulah yang terjadi pada kondisi FB saat ini. Mungkin kita telah menjadi cengeng, mellow atau show off ya, hehe. Peace ya, cuma apendapat pribadi.

IMAM MAKSUM said...

Setidaknya kita tahu ke mana kita akan berjalan dan
strategi apa yang harus diambil.

4 Cara Yang Bisa Imam Pakai Untuk Menetapkan
Tujuan Hidup:
slanjutnya silahkan baca di blog aq,
ya dah met baca sob,,,,n sundul iklan ads,sundul balik bos zaaaaa....

Hapi said...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

RUMAH BLOGGER said...

penuh inovasi artikelnya, akuuu sukaaaaaa.....

sabirinnet said...

alhamdulillah bisa mampir nich sambil baca2...

budiawanhutasoit said...

yg jelas fesbuk itu, mendekatkan yg jauh, dan menjauhkan yg deket..hehe
tapi lae, paling sebel liat status orang yg inggri mulu..pas aku liat daftar temennya..hampir 95% orang indonesia..aku pikir 95% wong bule..
entah apa maksudnya update status pake bahasa inggris..
yg dipikirnya keren kai kalo pake inggris..wkwkwkw

lina@happy family said...

Iya juga yah; tapi itu untuk orang yang ekstrovert...Saya cenderung introvert, jarang banget rubah status; fb buat silaturahmi dengan teman dan saudara aja...

Blog Archive