Tulisan Terbaru

5 TAHAP BESAR DALAM HIDUP


Dalam setiap detik perjalanan hidup, kita memiliki tahap yang wajib dilalui untuk sampai ke sebuah tujuan. Tahap-tahap tersebut tentunya memiliki makna tersendiri bagi setiap individu dan juga membawa manfaat yang berbeda-beda. Banyak tahap yang kita lalui, tetapi secara garis besar dapat disimpulkan ada 5 tahap besar. Mari kita simak…

Tahap 1: Pertumbuhan
Tahap ini berhubungan dengan masa kanak-kanak dan masa remaja. Orang  belum memikirkan tentang masa depan. Masa depan masih dianggap hal yang biasa dan “tidak pernah mengkhawatirkan”. Setiap individu belum serius untuk memikirkan apalagi mencapai tujuan hidup yang sebenarnya, walau mereka sudah mempunyai cita-cita. Pada tahap ini setiap orang masih bersekolah dan  memasuki berbagai kursus-kursus.

Tahap 2: Pendidikan dan Pelatihan
Tahap ini adalah proses menimba ilmu dan melatih keahlian untuk mulai memikirkan hal-hal penting dalam hidupnya. Tujuan setiap orang sudah mulai tampak jelas, dan sudah memahami bentuk masa depan yang sebenarnya. Mereka mulai focus dan memiliki tanggung jawab. Mereka akan mengambil langkah-langkah positif untuk meniti ke jenjang pekerjaan yang akan mereka peroleh kelak.

Tahap 3: Dunia Kerja
Pada tahap ini setiap pribadi mulai menguji keahlian dan kemampuan bekerja serta interaksi dengan orang lain. Mereka akan mendalami berbagai hal dan tanggung jawab terhadap pekerjaan. Pada tahap ini orang-orang akan mulai merasakan bakat, kekuatan dan kelemahan. Mereka juga akan mencoba untuk meningkatkan disiplin dan mengejar karier. Pada tahap ini mereka akan memahami apakah dunia kerja yang mereka pilih sesuai atau tidak. Mereka akan mampu menganalisa dan  bertanya pada diri sendiri apakah mereka telah memasuki dunia kerja benar serta bidang yang tepat. Pada tahap ini setiap orang sudah bisa mengambil kesimpulan untuk perjalanan hidupnya ke depan. Rasa khawatir bisa menyerang setiap orang pada tahap ini sesuai tuntutan hidup. Mereka akan berusaha untuk mencapai posisi atau karir  yang lebih tinggi secepat mungkin demi tuntutan kebutuhan.

Tahap 4: Pelepasan
Tingkat energy, kemampuan, serta keberanian setiap orang pasti lambat laun akan menurun sejalan dengan perjalanan karir, pekerjaan atau usia. Pada tahap ini akan ada sedikit perubahan dan mulai berpikir untuk siap-siap tinggal landas dan mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi pensiun.

Tahap 5: Pensiun
Tiba saatnya dunia kerja tidak lagi membutuhkan kita. Kita tentunya harus bisa menerima. Walau kadang-kadang hal ini  dapat mempengaruhi orang secara psikologis yang pada gilirannya mempengaruhi kesehatan.Tetapi dengan persiapan yang matang di tahap-tahap sebelumnya semuanya akan berjalan dengan baik.


10 comments:

Lina Marliana said...

Nice posting pak, bener banget n sangat mengena.. Keep posting ya pak, ditunggu postingan berikutnya..
Salam kenal, sekalian tuker link n follow yah.. thanks.

Lina Marliana said...

Nice posting pak, artikelnya benar sekali dan sangat mengena.. Keep posting ya pak, ditunggu ho postingan berikutnya..

Salam kenal, sekalian tuker link n follow yuk..

♥ria♥ said...

wah tahapan2nya bisa aku lewatin dengan baik ga ya nantinya ^^

rumah blogger said...

mantap nich

sabirinnet said...

sangat bermanfaat dan sukses yaaa

lina@happy family said...

Seperti Product Life Cycle ya Bang; semoga kita bisa melalui semua tahapan hidup dengan sebaik2nya...

reni said...

Postingan yang mantap, Bang..!!
Semoga aku dapat melewati tahapan-2 selanjutnya dengan lebih baik. Amin.

Apa kabar Bang.., maaf ya lama tak mampir.. ^_^

rumah blogger said...

harus sabar donk melewati setiap tahapan itu, kalo aku bisa enggk yaaa

jimox said...

iya bener ni mas. berarti sekarang saya sedang berada dalam tahap ke2 sekaligus ketiga. hehe.. :)

cara meningkatkan pagerank said...

iya memang,kebanyakan orang melalui hidup mereka seperti itu, dan hal itu mereka anggap sudah sukses, yang penting sudah dapet kerja...
salam kenal juga...

Blog Archive