Tulisan Terbaru

HOME BUSINESS ADALAH SEBUAH JAWABAN

Kita tentunya tidak bisa menutup mata terhadap lingkungan sosial yang heterogen dengan berbagai kondisi masyarakat yang bervariasi. Di sekitar kita banyak hal yang menyangkut kehidupan dan kondisi masyarakat yang belum bisa menikmati berbagai hal  bahkan tidak mampu untuk berkarya. Mereka itu adalah para penyandang cacat yang selalu banyak menghadapi tantangan dalam aktivitas keseharian mereka. Karena cacat khusus, mereka mungkin tidak memiliki kesempatan atau kemampuan mobile untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan demikian mereka akan sulit untuk berkarya, memenuhi financial mereka, dan segala ketangkasan,vitalitas dan kepercayaan diri mereka bisa menjadi surut bahkan hilang. Belum lagi diantara mereka yang harus bertanggungjawab dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Solusi apa yang bisa menjadi jalan keluar bagi mereka?
Home business adalah sebuah jawaban. Home business merupakan peluang yang sangat sesuai bagi para penyandang cacat, karena jenis bisnis ini dapat dikontrol sendiri dan pekerjaan dapat diatur sesuai kemampuan/kondisi  mereka. Menurut data statistik dari sebuah asosiasi pengusaha penyandang cacat, diperkirakan bahwa 40% dari home business dijalankan oleh para penyandang cacat, dan ini merupakan sebuah persentase yang sangat baik karena 95% dari keseluruhan orang cenderung gagal dengan home business. Manfaat yang dapat diperoleh dari home business ini, adalah akan mengurangi pengangguran dengan terciptanya lapangan kerja baru bagi penyandang cacat, menggali segala potensi atau ide yang dimiliki oleh para penyandang cacat, dan  tentunya akan menghindari mobilitas yang tinggi atau beresiko karena keterbatasan gerakan.

Masalahnya, bagaimana mereka membangun sebuah home business yang merupakan jalan keluar untuk bisa berkarya? Semoga hal berikut bisa menjadi jalan keluar :
  1. Adanya bantuan pemerintah untuk bisa mengkoordinir mereka dan memberi pelatihan bagaimana memulai home business dan menerapkan jenis bisnis apa saja yang sesuai untuk mereka.
  2. Adanya sebuah fasilitas penyediaan dana oleh pemerintah baik berupa pinjaman lunak atau bahkan hibah, dan memberi bimbingan serta pengarahan yang jelas bagaimana memakai dana, mengatur keuangan hingga membimbing home business mereka sehingga diperoleh produktivitas serta alur keuangan yang jelas.
  3. Menghimpun mereka agar bisa memperoleh informasi lebih lanjut tentang berbagai situs, forum online, seminar, dan informasi lainnya yang bisa menjadi panduan bagi penyandang cacat. Panduan ini akan sangat membantu mereka dalam menjawab masalah-masalah yang dihadapi.
So, semoga dengan home business, akan memberi kesempatan kepada mereka untuk berkarya, mengatasi keuangan,  dan memberi sumbangsih yang sama dengan orang yang sehat dalam kehidupan masyarakat.


3 comments:

Sismadi said...

nice posting...

1. interest programming? visit my blog, read and leave comment All About Computer
2. wannabe learn about blog, visit me Let Go Blogs

BLOG BISNISKU said...

bisnis rumahan memang salah satu solusi terbaik di saat perekonomian seperti sekarang ini
hanya saja prblema klasik lebih sering menjadi faktor utama tersendatnya bisnis rumahan..semoga pemerintah bisa memberikan solusi terbaik untuk hal ini

lina@happy family said...

Ide bagus Mas!
Salut atas perhatiannya terhadap saudara2 kita para penyandang cacat di Indonesia...

Blog Archive