Tulisan Terbaru

KISAH TRAGIS DIBALIK SEBUAH PENGHARGAAN

Mungkin Anda masih ingat, ketika seorang anak korban konflik di Sudan sekitar tahun 1993 dengan kondisi tubuh lemah tak berdaya berhasil diabadikan seorang fotografer bernama Kevin Carter. Anak itu sedang merangkak menuju penampungan pengungsi PBB yang berjarak kira-kira 1 KM. Di belakangnya tampak seekor burung buas siap-siap memangsa anak malang itu.

Sesaat setelah mangambil foto, Kevin Carter langsung pergi. Ia menyadari di daerah tersebut terdapat konflik bersenjata yang membahayakan kehidupan para fotografer. Dan tak seorang pun tahu nasib anak malang itu. Tiga bulan setelah foto diambil, foto tersebut  dipublikasikan di The New York Times pada 26 Maret 1993. 

Kevin Carter adalah seorang fotografer senior yang berasal dari Johannesburg, Afrika Selatan. Ia mengakui bahwa ia terpaksa meninggalkan anak itu, karena itu ia mendapatkan larangan untuk menyentuh para pengungsi, takut membawa penyakit berbahaya.

Pada akhir tanggal 2 April 1994 Kevin Carter mendapat penghargaan tertinggi, Pulitzer untuk Feature Photograpy untuk pekerjaan ini. Segera setelah ia menerima penghargaan, ia mendapat banyak kritik, karena ia tidak  berusaha menyelamatkan anak itu.

Diliputi rasa bersalah yang selalu menghantuinya hingga terbawa dalam mimpinya, akhirnya seminggu setelah dia mendapatkan penghargaan itu, ia mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Kevin Carter
source: yousaytoo.com

No comments:

Blog Archive