Tulisan Terbaru

JANGAN BIARKAN MEREKA PERGI

Persahabatan adalah sesuatu yang diidamkan oleh setiap insan. Ketika jalinan ini teruntai dengan manis maka segala cerita, angan-angan, impian akan semakin indah, demikian juga dengan masalah akan menjadi ringan dan hilang. Banyak orang menjadi semakin kuat dan sukses karena sebuah persahabatan yang terjalin dengan tulus dan ikhlas.
Sebagai mahluk sosial, manusia selalu berinteraksi dengan orang lain. Proses interaksi ini menunjukkan bahwa satu sama lain saling membutuhkan. Proses terjadinya persahabatan sebenarnya berjalan serta merta dan bukan karena dipaksakan. Ketika kita bertemu dengan seseorang dan ternyata segala pembicaraan, rasa saling memahami, rasa saling menjaga perasaan, rasa saling mengerti serta saling percaya satu sama lain, maka proses pembentukan persahabatan mulai tumbuh. Tetapi sering tunas persahabatan ini menjadi layu dan gugur sebelum membentuk hasil yang diidam-idamkan.
Berbagai faktor pemicu yang membuat seseorang gagal dalam menjalin persahabatan adalah berkurangnya unsur kepercayaan satu sama lain, humor yang berlebihan, sering membicarakan pihak lain, kurang jeli melihat sensitivitas orang lain, dan kadang-kadang seseorang terlihat menjadi pembicara yang unggul dan serba tahu dan bukannya sebagai pendengar yang setia. Persahabatan yang gagal juga diakibatkan pembicaraan yang sering mengarah dan condong memuji diri sendiri dan member nasihat-nasihat yang berlebihan, sering mempertahankan pendapat dan memaksakan kehendak. Jika hal ini terjadi kepada Anda, maka teman Anda akan melihat banyak hal-hal negatif tentang Anda, dan saat itu juga dia akan pergi meninggalkan Anda.
Ketika proses menjalin persahabatan sudah mulai tumbuh dan Anda ingin memeliharanya, maka pada saat-saat awal menjalin persahabatan bersikaplah hati-hati, belajarlah untuk meneropong sifat dan selera teman Anda, mulailah segala sesuatunya dengan wajar. Jika Anda memiliki sifat berbicara yang ceplas-ceplos setidaknya tidak menyinggung perasaan teman Anda. Jika teman Anda memberitahu bahwa mereka sedang marah terhadap sesuatu yang Anda lakukan, dengarkan keluhan mereka dan jangan membuat alasan dengan mengatakan mereka terlalu sensitif.
Intinya dalam memelihara atau menjalin persahabatan, seseorang harus memperlakukan orang lain dengan hormat dan jangan biarkan mereka pergi !!

by, pieter m.s. visit me more in http://pitercentre.blogspot.com




9 comments:

reni said...

Menjaga persahabatan memang tidak mudah... tapi kalau bisa melakukannya keindahan persahabatan tak akan dapat tergantikan oleh apapun juga...
So.., jangan biarkan mereka pergi..!!

Newsoul said...

Ya, jangan biarkan mereka pergi. Nice posting.

jimox said...

wah bener ni mas, kalau kita punya banyak sahabat, kita nggak akan pernah merasa kesepian, dan kalau ada masalah, sahabat akan banyak membantu meringankan masalah kita...
nice post...

Fanda said...

Setuju! Ada yg bilang bahwa 1000 teman belumlah cukup, tapi 1 musuh itu terlalu banyak. Jadi...buatlah semua org yg mengenal kita menjadi teman, jangan sampai kita bermusuhan.

Mas, mau minta tolong nih. Aku ikutan kontes CIBFest, kategori Favorite Blogger. Mau gak vote buat blogku? Tinggal cari di sidebar kiri atas blogku, klik di bagian utk vote. Trs tinggal isi nama mas Piter, e-mail dan domisili. Sekrg blogku di peringkat 4, siapa tahu dgn vote teman2 bisa menang...

Thanks sebelumnya.

Fanda said...

Lupa bilang, aku sdh follow juga. Linknya aku masukkan juga di blogku ya!

Fanda said...

Balik lagi. Mo ngucapin thanks sdh vote aku!

Pariban said...

Kadang-kadang, saking sudah merasa akrab dan dekatnya, sesama sahabat cenderung menganggap remeh perasaan satu sama lain. Karena sudah bersahabat, menganggap humor kasar itu bisa diterima. Karena sudah bersahabat, ingkar janji itu pasti dimaafkan dan sejenisnya.

Mungkin ada pepatah lain yang bisa ditambahkan disini, selain pepatah Mbak Fanda, tentunya :)

"Mencari sahabat itu mudah. Mempertahankannya yang susah.."
Hehehehe.. maksa nggak ya?

Horas, pariban

Fanda said...

Wah bagus dong ikutan CIBFest juga. Link buat votenya apa ya? Ntar aku vote juga deh. Kita sama2 ngedukung ya!

♥ria♥ said...

Sahabat is my everything ^^

Blog Archive