Tulisan Terbaru

TUJUAN AKHIR

Seseorang yang bekerja, menuntut ilmu, bahkan yang sudah pensiun selalu memiliki sebuah tujuan. Kita sebut saja Tujuan Akhir !! Tujuan akhir ini tentunya bervariasi bagi setiap orang. Tidak masalah seberapa lama atau seberapa singkat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan , yang pasti sebuah tujuan akhir tidak mudah dicapai. Rintangan dan hambatan selalu setia menemaninya dan tidak sedikit yang terjatuh bahkan give up selama proses pencapaiannya.

Yang namanya tujuan akhir terkadang tidak tampak jelas diawal atau disaat pertengahan. Dengan ketidakjelasan ini seseorang sering berubah arah dan menyimpang, padahal mereka telah memulainya dengan baik sesuai prosedur yang berlaku. Hasilnya? Si Tujuan Akhirpun melayang. Tentunya hal ini diakibatkan oleh banyak faktor,dan salah satunya yang paling berpengaruh adalah prosedur. Seorang pendaki gunung pasti jarang melihat puncak yang ingin didakinya, tetapi dengan prosedur yang tepat dan tidak pernah menyimpang walau terkadang ada jalan bengkok mereka tetap bisa mencapai puncak. Demikian juga dengan seorang pemancing yang hampir kehilangan ikan yang sudah memakan umpan, tetapi dengan prosedur yang benar, ikanpun berhasil diperoleh.

Saat ini tidak sedikit orang mencapai tujuan akhir dengan melakukan prosedur yang baik pada awalnya, tetapi mulai goyah dan terjatuh ketika mereka menyimpang dari prosedur termasuk karena tergoda oleh daya tarik atau opportunity lain.

Sebuah tujuan akhir akan bisa diraih hanya dengan prosedur yang baik. Jika lari dari prosedur, seseorang akan kehabisan waktu, merasa lelah, terbeban dan tentunya akan merusak segala kesempatan yang ada untuk meraih yang namanya TUJUAN AKHIR.

by, pieter m.s

2 comments:

reni said...

Jadi, tetaplah fokus pada tujuan akhir, meskipun untuk mencapainya tak sedikit hambatan yang menghadang. Begitu ya ?

piter m. silitonga,s.si said...

mbak reni.bener sekali:)

Blog Archive