Tulisan Terbaru

DUNIA YANG BERUBAH

Perkembangan Revolusi Teknologi yang tidak mengenal belas kasihan telah banyak mengambil alih pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan manusia saat ini. Sebut saja kebutuhan akan pegawai telekomunikasi , secara drastis telah terkurangi oleh penemuan mesin faks, internet, e-mail, serta perkembangan dunia seluler yang dahsyat. Kebutuhan akan sekretaris juga telah terkurangi oleh komputer atau perangkat lainnya yang tidak memerlukan tenaga manusia. Demikian juga dengan kebutuhan akan buruh dan office boy akan terkurangi dengan hadirnya teknologi robot yang bisa memasak, berkebun, mencuci,menyapu dll. Bahkan lenggak-lenggok seorang peragawatipun telah bisa digantikan oleh robot.

Trend ini dipastikan akan terus berlangsung hingga akhirnya perfect. Bagi para pekerja dan pencari kerja tentunya hal ini dapat menimbulkan masalah sepanjang hidupnya. Bisa dibayangkan para pekerja yang diberhentikan ketika tenaga mereka telah diambil alih oleh makhluk-makhluk yang dilahirkan oleh teknologi. Demikian juga antrian para pencari kerja akan semakin memanjang karena tenaga mereka tidak dibutuhkan lagi.

Mengetahui lebih awal bahwa kita hidup di “dunia yang berubah” akibat revolusi teknologi , adalah sesuatu yang sangat penting, karena kita akan bisa mengantisipasi dan memilah – milah jenis pekerjaan. Apakah jenis pekerjaan tersebut akan digantikan oleh mesin atau tidak minimal 10 tahun ke depan. Manusia harus bisa lebih dinamis dan harus tetap belajar agar mampu memiliki keahlian yang variatif dan mampu melakukan tugas yang berbeda-beda. Manusia dituntut untuk mampu mengikuti dan mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin luas dan mampu serta berani belajar untuk menyesuaikan diri terhadap segala piranti mutakhir yang pasti akan hadir di masa mendatang.

1 comment:

♥ria♥ said...

wah mesti tambah kreatif nih aku

Blog Archive