Tulisan Terbaru

LHO KOG OFFLINE BISNIS SIH?


“Lho kog Offline business sih, biasanya informasi yang kita search di mesin pencari adalah monetize blog for online business. Ini kog beda”? Kog jadi balik lagi ke offline”? “Emangnya kenapa sobat”? “Kita jangan mundur-mundur lagi dong. Inikan Blog kita buat untuk ikutan berbagai online business yang tersebar banyak di internet”. “Iya betul..tapikan Blog for offline business perlu juga”.
Begitulah percakapan saya dengan seorang teman yang baru saja membuat blog.
…………………………………
Biasanya para blogger mulai melirik berbagai online bisnis seiring blognya semakin keren, ber PR tinggi apalagi kunjungan unik yang terus meningkat. Tetapi kadang-kadang hasil yang diperoleh masih jauh bahkan belum menghasilkan apa-apa. Sudah dilakukan berbagai jurus-jurus SEO yang rumit serta mengakal-akali berbagai triks agar bisa menghasilkan keuntungan, tetapi bisnis online yang diikuti belum menunjukkan hasil .
Sama dengan saya saat ini, seiring semakin hangatnya dunia blog, maka blog ini sudah di-monetize sejak awal tahun 2009 ini. Sudah pernah sih menikmati yang namanya dolar dan rupiah dari berbagai bisnis online di blog ini walau hasilnya belum bisa dibanggakan. Hari demi hari blog ini saya perkenalkan ke seluruh pembaca hingga ke facebook, twitter, ikutan lomba menulis dan blog competition. Dari lomba –lomba yang saya ikuti belum pernah sekalipun dapat juara walau sudah sering menerima penghargaan sebagai “ ikut berpartisipasi ”.
Berpikir, bahwa nge-blog itu asyk, akhirnya dengan niat yang tulus saya memberi pelatihan nge-blog gratis ke teman-teman di lingkungan kantor. Mereka sangat responsif dan bersemangat. Dengan pengalaman tersebut, timbul niat saya untuk mengajar tentang blog dengan segala isinya. Akhirnya saat ini saya memliki 6- 8 orang siswa untuk dilatih ngeblog dengan bayaran Rp 250.000/orang. Berkat relasi dari murid-murid saya, saat ini saya juga menjadi pemateri di berbagai workshop ngeblog. Akhir Agustus kemarin saya diundang sebagai pemateri di STMIK Potensi Utama untuk memberi pelatihan ngeblog bagi para mahasiswa. Saya dibayar Rp 300.000 setiap pertemuan. Yang paling membahagiakan bulan Juli kemarin saya diundang sebagai pembicara seminar internet for business di hotel Garuda Plaza Medan, dengan bayaran lumayan mantap. Pada bulan oktober nanti semoga berjalan lancar, saya diundang untuk pemateri di STMIK Budi Darma untuk memberikan teknik-teknik blogging ke mahasiswa.
Padahal saya akui kemampuan menguasai blog belum seperti para pakar. Paling – paling saya bisanya mengganti theme, membuat read more, dan menambahkan fitur-fitur lainnya. Tentang SEO? Walah hanya submit di google, yahoo, msn dan nge-ping di my pagerank serta di technorati aja yang bisa.

Nah bagi teman-teman yang saat ini bisnis onlinenya belum makjus, coba deh bisnis offline seperti yang saya lakukan.
Semoga berhasil..

7 comments:

Risma Hutabarat said...

Salut!!! Hebat, bang. Ilmu buat blog nya bisa dibagikan ke orang lain, dapat duit lagi. Yang kayak gini ini nih aku suka. Lanjutkan, bang. Aku yakin pendapatan dari bisnis Offline ini bakal lebih banyak dari pada yang online! Lanjutkan! :)

Horas

reni said...

Wah.., ternyata ngeblog memang benar-2 bisa "menghasilkan" ya..?
Makin banyak dong Bang muridnya sekarang...?
Oke... semoga makin sukses ya...

jimox said...

wah Hebat mas. Kliatane offline bisnis lebih menjanjikan. hehe...
tapi perlu latihan dulu buat ngomong di depan orang. seep mas. aku follow ya mas....

Ica said...

Wah... manatap...
Saya senang membaca pengalamannya pak.. menjadi blogger tidaklah sia-sia karena dapat memberikan manfaat dua arah. Buat orang lain dan buat diri pribadi.
Saya dukung pak. semoga semakin sukses ya :) Amin

Newsoul said...

Sip, semoga sukses ya sobat.

budiawanhutasoit said...

mantap...
kalo aku blm bisa deh jadi pembicara spt lae..
mesti banyak belajar..hehe

info ternak said...

wah mantaaaapp, saya jadi pingin mendalami terus nih, tentang bloging... lanjutkan pak.. hebat. salam ya, sekalina nih ijin follow
[info ternak]

Blog Archive