Tulisan Terbaru

SIKAP EMPATI PERLUKAH?

Coba ingat, Anda pernah memberi sikap ini kepada orang lain bukan? Tentunya hal ini muncul karena Anda bisa memahami atau merasakan perasaan orang lain.
Secara simple pengertian dari empati ( Menurut DM Berger) adalah Kemampuan atau kesanggupan seseorang untuk mengetahui atau mengalami secara emosional apa yang dialami orang lain.

Umumnya perasaan ini berasal dari seseorang yang sudah pernah merasakan atau mengalami hal tertentu dalam hidupnya. Sebaliknya, seseorang yang belum pernah merasakan perasaan tertentu dalam hidupnya, akan sulit (bukan berarti tidak bisa) untuk memahami perasaan orang lain. Misalnya saja, seseorang yang tidak pernah menaruh tangan dalam api, dia tidak akan tahu rasa sakit api itu bagaimana. Sebuah Empati dapat ditunjukkan dengan sebuah ungkapan atau perbuatan, seperti pelukan, menepuk pundak atau dengan kata-kata semangat.

Sering kita melihat orang-orang di sekitar kita mengalami berbagai masalah. Misalnya saja ketika seorang teman dekat kita kehilangan pekerjaan tentunya suasana hatinya akan labil, galau, bingung, stress dan sebagainya. Atau seseorang yang selalu bersikap apatis karena tidak bisa menerima sesuatu yang tidak “masuk diakal”. Pada saat seperti ini diperlukan sebuah perasaan empati yang bisa merasakan apa yang mereka alami, sehingga kita akan lebih mengerti akan diri mereka dan akan menciptakan sebuah kondisi yang terkontrol.

Sebuah perasaan empati tentunya sangat menyenangkan bagi orang yang menerimanya, karena dia memiliki orang lain yang mampu merasakan perasaannya sehingga dia tidak merasa sendiri. Bagi seseorang yang mampu memberi rasa empati tentunya akan melakukan berbagai hal untuk bisa menolong orang lain dari masalah yang dihadapi, seperti memberi solusi, semangat, pengertian dan bahkan pujian yang membawa seseorang terbebas dari masalah. Dengan demikian orang tersebut akan lebih bersemangat, berkekuatan, dan bisa menerima sesuatu tanpa harus kontra.
So,sikap empati perlu bukan?



7 comments:

narti said...

sangat perlu sekali. artikel yang bagus, kadang kita lupa hal2 kecil seperti ini padahal begitu dekat dgn kehidupan kita sehari-hari.

Aryo Halim said...

sangat perlu, kenapa? karena kita jg memerlukan empati dari orang lain

Ronny Dee said...

Empati atau berempati itu perlu dan harus, tidak hanya dalam relasi yaitu dalam jalinan yang sudah kita kenal tapi juga mungkin bagi orang yang belum kita kenal. Alangkah indahnya dunia kalao banyak orang mau menunjukkan empatinya satu sama laen. Nice post Sob. Keep blogging :)

rismahutabarat said...

Empati memang perlu, tapi bukan berarti tanpa halangan.

Aku punya pengalaman pribadi dalam hal ini, pariban. Rasa empati yang kita berikan dianggap melecehkan hanya karena kita belum pernah mengalami langsung. Menurutnya, orang yang belum pernah mengalami langsung, tidak akan pernah bisa merasakan empati yang sebenarnya.

Menurutku itu adalah hal yang sangat salah. Empati bisa muncul dalam diri manusia manapun, yang mau membuka hatinya. Tidak perlu harus mengalaminya lebih dulu. Manusia punya kelebihan yang tidak dimiliki hewan. Empati ini adalah salah satunya.

Jadi, meskipun empati itu sangat penting, tetap saja, kita tidak bisa memberikan kelebihan kita itu kepada setiap orang. Karena tidak semua orang bisa menerimanya dengan lapang dada.. :)

Horas

Digital Life said...

Menurut saya sikap empati itu sangat perlu, sepertinya dunia akan lebih indah jika setiap orang memiliki silap empati yang tinggi..

reni said...

Ayo belajar berempati kepada orang lain....
Artikel yang bagus nih Bang...

Setiyo said...

Empati akan menjadikan orang saling menghargai dan menghormati. Karena dengan menghormati orang lain maka sama dengan dia menghargai dirinya sendiri.
Sob salam kenal dan kunjung baliknya ya dan aku minta pendapat maupun nasehat di postingku "coretan untuk seorang sahabat".Tanks

setiyo
http://setizone.co.cc

Blog Archive