Tulisan Terbaru

INNER BEAUTY...MILIK SIAPA?


Kecantikan merupakan anugerah dan menjadi dambaan setiap insan. Banyak orang berusaha meng-upgrade dirinya untuk mengimprove anugerah yang satu ini. 


Kecantikan sering menjadi faktor utama dalam memilih pasangan, pacar, teman, bahkan berpengaruh dalam mencari pekerjaan. Kecantikan dianggap penting karena dapat menjadikan seseorang menjadi pede alias percaya diri atau selalu menjadi prioritas utama bagi orang lain ketika akan memilih. 

Begitu pentingnya kecantikan ini sehingga tidak sedikit orang berusaha merubah bagian tubuhnya dengan berbagai bahan-bahan anorganik seperti silicon atau dengan cara-cara lain agar tampak lebih cantik, muda, segar, dan indah dipandang secara fisik. Ini tidak salah, selama hal tersebut tidak berlebihan dan membahayakan.

Hakekat sebuah kecantikan sebenarnya bukan hanya yang dilihat oleh mata ( kecantikan fisik) walaupun pada awalnya ini yang menjadi patokan orang secara umum. Nah setelah seseorang mendapatkan ini, barulah akan sadar bahwa masih ada kecantikan lainnya yakni kecantikan batiniah atau disebut inner beauty.

Milik siapakah ini?
Anda pernah bertemu dengan seorang gadis yang alisnya bagaikan semut beriring, rambutnya bagaikan mayang terurai, betisnya bagaikan padi berisi atau bibirnya bagaikan delima merekah? Dan Anda juga pernah bertemu dengan seorang pemuda yang tubuhnya atletis, berotot dan bagaikan gubernur california? Bagaimana respon Anda?

Pembaca, ternyata orang yang luar biasa cantik atau ganteng dan berpenampilan paling menawan, tidak bisa menjadi jaminan untuk membawa kebahagiaan atau keabadian. Kecantikan badaniah ini ternyata hanya bersifat sementara dan akan luntur dimakan waktu. Sebuah jenis kecantikan yang terpendam jauh di lubuk hati setiap insan walau tampak susah menggapainya tetapi sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang adalah kecantikan dari dalam atau disebut juga Beauty on the inside, atau inner beauty.

Ini adalah sebuah kecantikan sejati yang berasal dari dalam diri . kecantikan ini akan memancar kepada orang lain lewat sikap, tindakan, perbuatan dan tingkah laku. Bagaimana kita bersikap, bagaimana kita berbuat, bagaimana kita memperlakukan orang, bagaimana kita menghargai orang lain dan menjadi teladan bagi orang lain, itu bisa menggambarkan arti sebuah inner beauty. Apakah orang merasa gembira lewat kehadiran kita atau malah menimbulkan rasa kesal, atau apakah kehadiran kita membawa terang atau malah membawa gelap?

Saat ini Inner beauty sering ditujukan hanya kepada kaum hawa saja yang menuntut mereka agar berlaku ramah atau setidaknya smile for me. Ini mungkin sebuah kekeliruan. Kaum lelaki juga mesti memiliki sifat-sifat sebagai seorang individu yang memiliki inner beauty. Untuk apa cantik, menawan, ganteng, macho...tetapi kehadirannya membuat orang lain tidak betah, tidak tenang, atau tidak bahagia?
So..? Inner beauty milik siapa? Bagi saya adalah milik semua orang, baik kaum Hawa atau kaum Adam. Bagaimana menurut Anda?


image source:http://www.galavej.com/yahoo_site_admin/assets/images/393px-Red_rose.8321202_std.jpg



4 comments:

HAPIA Mesir said...

inner beauty yg sebenarnya adalah milik rosulullah -shollahu 'alaihi wasalam-....

betul.....

reni said...

Milikku dong.. !! Hahaha.., PD boleh dong ?

nyoman said...

tentunya semua orang dapat memilikinya, hanya bagaimana orang tersebut menjaganya seperti pepatah jangan menilai dari bagian luarnya saja :)

Melvin Silitonga said...

Kecantikan batiniah diperoleh lewat Persekutuan yang INTIM dengan Tuhan (1Petrus 3:3-4).
God bless.

Blog Archive