Tulisan Terbaru

SOAL –SOAL UJIAN MASUK CPNS

Berbicara tentang pekerjaan tentunya merupakan hal yang sangat penting dan merupakan langkah awal dalam meniti karir. Seseorang yang telah tamat dari SMA atau Universitas, yang menjadi  tujuan pertama adalah looking for a job. Entah itu melamar menjadi Karyawan Swasta atau menjadi Pegawai Negeri. Saat ini di Negeri kita Indonesia sedang sibuk-sibuknya menerima Calon Pegawai Negeri Sipil di berbagai Departemen Pemerintah  Pusat hingga Pemerintah Daerah. Para job seeker memanfaatkan ini dengan  mencari info kemana saja untuk bisa mengetahui syarat-syarat atau info apa saja yang berhubungan dalam penerimaan ini. Bahkan para mahasiswa yang masih aktif saat ini, juga ambil kesempatan untuk ikut dengan memakai ijazah Es Em A. Yahh… daripada tetap menjadi mahasiswa yang belum tentu dapat pekerjaan nantinya, lebih baik adu nasib dengan mencoba melamar jadi PNS.

Suatu kondisi yang berbeda dalam 2 tahun belakangan ini, dimana para calon pencari pekerja semakin merasa yakin karena  kesempatan untuk diterima menjadi PNS lebih terbuka, karena segala bentuk pungli, aksi  sogok-sogokan atau konco-koncoan telah diminimalisir atau bahkan dihapuskan. Hasil penyaringan  ujian CPNS  bisa dikatakan 90% murni. Siapa saja yang mampu menyelesaikan soal, kemungkinan besar akan diterima. So, dengan  keadaan ini banyak para pencari kerja merasa optimis mampu merebut dan meramaikan dunia kerja Indonesia.


Dengan maraknya dunia pencarian kerja ini, maka banyak pula orang-orang memanfaatkan moment ini untuk mencari penghasilan tambahan. Kita lihat saja gambar berikut. Dengan modal meja kecil dan kursi plastik para ibu-ibu menjual contoh soal-soal ujian masuk CPNS beserta syarat-syaratnya. Foto ini saya ambil di Stadion Teladan Medan. Para penjual menjilid dengan bagus dan mengcopy soal-soal untuk bisa dijual. Banyak juga tuh yang membeli dengan harga 10.000-15.000, ..Hehehe..mudah-mudahan banyak yang lulus..


No comments:

Blog Archive