Tulisan Terbaru

BLOG SEBAGAI SYARAT MUTLAK CALON GURU

Kerja keras adalah energi kita sebagai tema yang dilontarkan pertamina dalam pertamina blog contestnya, telah memicu saya untuk ikut juga berpartisipasi dalam lomba lainnya. Salah satu adalah lomba ide yang dilaksanakan oleh Live Borderless yang dilaksanakan perusahaan LG. Postingan kali ini saya  tuliskan ide ke-lima saya dalam lomba tersebut. Yuk kita ikuti:)

Saat ini dunia bloging sudah sangat trend di kalangan masyarakat indonesia. Kita mengetahui dari sekian banyak fungsi ngeblog, salah satu adalah akan memacu kreatifitas blogger itu sendiri, dan akan mampu mengekspresikan segala ide yang ada di benaknya.  Tidak heran,saat ini banyak pelatihan ngeblog yang diadakan di sekolah-sekolah terutama tingkat SMA. Tetapi jika di lihat, perkembangannya tidak konsisten. Artinya setelah selesai pelatihan maka blognya tertinggal begitu saja tanpa ada update apalagi teknik sederhana menghias dan promosi blog. Salah satu penyebabnya adalah kemauan dan rangsangan terhadap siswa yang masih kurang.Tentunya semangat ngeblog bagi siswa-siswi khususnya pelajar SMA datang dari gurunya.Artinya para guru SMA wajib memiliki blog agar bisa memberi dorongan ke seluruh siswanya.

Untuk memberi solusi terhadap ini, maka sudah saatnya persyaratan untuk menjadi seorang guru harus ditambah satu syarat lagi yakni "memiliki blog pribadi". Dengan adanya persyaratan ini maka mereka yang nantinya diangkat menjadi guru, akan bisa membimbing sekaligus memberi dorongan atau rangsangan kepada murid-muridnya dengan blog pribadinya.

Keuntungannya:
  1. Para guru bisa memberi tugas sehari-hari melalui blognya dan para siswa bisa membaca sekaligus menjawab tugas-tugas tersebut ke e-mail sang guru.
  2. Para guru memberi jawaban atau penjelasan tentang tugas tersebut melalui blog.
  3. Para guru bisa memberi contoh-contoh soal ujian semester atau UAN melalui blog dan bisa menyediakan pembahasan di blognya
  4. Para guru bisa interaktif seputar berbagai masalah pelajaran dengan siswanya melalui fasilitas chatting di blog.
  5. Hal ini juga berfungsi bagi siswa/i yang absen karena sesuatu alasan dengan mengunjungi blog gurunya untuk mengulang pelajaran yang lalu.

1 comment:

rismahutabarat said...

Setuju, bang. Mengasah kemampuan dan kemauan menulis sangat penting untuk mengasah otak. Dan sistem pendidikan seperti ide yang bang Piter tuangkan disini, benar-benar menarik dan pastinya sangat membangun. Asalkan saja, media utamanya tersedia. Pemerintah harus bisa menjamin internet memasuki semua sekolah di Indonesia. Siswa harus terbiasa dengan komputer dan internet. Kalau tidak, secanggih apapun program digitalisasi pendidikan yang direncanakan, tidak akan bermanfaat sama sekali..

Horas

Blog Archive