Tulisan Terbaru

KESOMBONGAN PERTAMA DALAM SEJARAH


Dahulu kala ternyata iblis diperkenankan Tuhan untuk menghuni surga. Sayangnya ketika dipertemukan dengan manusia pertama Adam, iblis malah bersikap tinggi hati . Tuhan pun murka padanya.Tanpa tedeng aling-aling, Adam langsung dihalau dari surga. Itulah kesombongan pertama dalam sejarah!

Cuplikan paragraf ini saya ambil dari tumpukan kliping lama saya, dari kolomnya Mas IPPHO SANTOSA seorang speaker dan entrepreneur hebat.

Dalam dunia pergaulan, dunia pekerjaan, dunia bisnis atau bahkan dunia blog atau katakanlah dunia kehidupan, kesombongan sering datang bersamaan dengan kesuksesan. Ketika gerbang kesuksesan seseorang telah terbuka, begitu mudahnya sebuah kesombongan masuk. Ahli pemasaran AL Ries berkata.”kesuksesan sering disusul dengan keangkuhan. Sedang keangkuhan pasti berujung kehancuran. Banyak perusahaan raksasa dan “orang besar” tumbang karena sebuah arogansi.

Apasih efek jika sebuah kesombongan dipelihara atau dipertahankan?
1. Kesombongan dapat memangkas self-esteem. Kesombongan bisa memangkas penghargaan atas diri         sendiri dan diri orang lain.
2. Kesombongan bisa menular. Ini nih makanya terkadang anak buah bisa sombong karena si Bos
3. Kesombongan akan men-trigger (memicu) sifat-sifat lainnya, semisal segan untuk melayani, enggan           untuk memperbaiki diri, enggan meminta bantuan atau pertolongan orang lain, otomatis akan enggan untuk     membantu dan menolong orang lain

Nah jika hal ini terjadi dan berkembang bahkan hingga berakar, bukan tidak mungkin mengakibatkan malapetaka dan keruntuhan

So? How to avoid? Masih ingatkan “ilmu padi” ? itulah jawabnya.

image: sharondrewmorgen.com



3 comments:

budiawanhutasoit said...

ya..betul..ga ada gunanya menjadi sombong..utk apa ya jadi sombong..banyak ruginya koq..

reni said...

Kesombongan ?? Aduh... semoga aku tak sampai memilikinya... Takut jadi lupa diri kalau sampai aku berkawan dg kesombongan.

nyoman said...

jangan sampai deh..

Blog Archive