Tulisan Terbaru

TIPS KESEHATAN: 5 MANFAAT PENTING BIJI BUNGA MATAHARI


Selain bentuknya yang unik dan indah bagai  matahari yang sedang memancarkan cahayanya, bunga matahari ternyata memiliki biji ( Sunflower Seeds ) sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat biji bunga matahari yang dapat kita konsumsi secara teratur dan bisa dimasukkan dalam daftar diet bagi Anda yang saat ini menjalani diet.

Kesehatan Jantung
Biji bunga matahari  merupakan sumber vitamin E yang luar biasa. Fungsi vitamin E dalam tubuh sangat penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular dengan perannya melawan senyawa radikal bebas.  Dengan mengkonsumsi seperempat cangkir biji bunga matahari, akan diperoleh sembilan puluh persen nilai harian kebutuhan akan vitamin E.

Anti-inflamasi
Vitamin E dalam biji bunga matahari akan menetralisir radikal bebas dalam tubuh sehingga melindungi rusaknya  komponen-komponen seluler dan molekuler dalam tubuh. Dengan peran ini,  vitamin E memiliki signifikan anti-inflamasi yang  mengurangi  gejala pada asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.
Mencegah Kanker
Biji bunga matahari merupakan sumber selenium yang baik. Selenium dalam tubuh berfungsi untuk mendorong perbaikan DNA, memperbaiki sel yang rusak, dan menghambat proliferasi sel kanker. Seperempat cangkir biji bunga matahari mampu menyediakan lebih dari tiga puluh persen dari nilai harian untuk selenium. Kandungan vitamin E yang sangat melimpah di biji bunga matahari juga telah terbukti mengurangi risiko kanker usus besar, kanker kandung kemih, dan kanker prostat.

Kesehatan Tulang
Biji bunga matahari sangat kaya magnesium. Sebagian besar magnesium dalam tubuh manusia terdpat dalam tulang. Magnesium dalam biji bunga matahari sangat penting untuk fungsi kolagen dan elastin, yang memberikan kekuatan dan fleksibilitas dalam tulang dan sendi. Vitamin E dalam  biji bunga matahari juga efektif dalam pengurangan gejala arthritis.

Perlindungan kulit
Vitamin E dalam biji bunga matahari merupakan penangkal sel dari pengrusakan. Khusus untuk kulit,  vitamin E secara langsung melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Dalam banyak penelitian, vitamin E dioleskan telah terbukti untuk mencegah kerusakan UV. Sebuah diet dari biji bunga matahari tentunya akan membantu perlindungan kulit dari kerusakan-kerusakan terutama oleh radiasi UV.

Melihat fungsinya yang sangat besar, sudah selayaknya biji bunga matahari kita konsumsi. Saat ini, produsen utama dari biji bunga matahari adalah Federasi Rusia, Peru, Argentina, Spanyol, Perancis dan China.


6 comments:

Lina Marliana said...

kok yah kebetulan yah.. pas aku baca artikel ini, pas aku lg nyemil kuaci biji bunga matahari...
ternyata banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita.. baguslah, meskipun agak2 ribet gitu makannya..

Tongkat Gurah Vagina said...

Ternyata kandungan bunga matahari bagus untuk tubuh kita

Aziz said...

Manjaga kesehatan jantung ternyata bisa dengan bunga matahari, makasih banyak infonya.

Olvie said...

Sayangnya di sini susah mencari biji bunga matahari. Adanya kwaci yang telah diberi garam..

kleting said...

apakah manfaat biji bunga matahari untuk penderita diabet dan ambien?mohon info bagi yang tahu

fahmi al haddad said...

Ga susah ko beli aja carmans uda tinggl makan lg ga ada kulit y , campuran gandum biji matahari kacang2n

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...