Tulisan Terbaru

CARA CEPAT MEMBANGUN PERCAYA DIRI

Barusan saja ngeronda di mesin pencari google, langsung berhenti di sebuah artikel berjudul 8 Ways to Instantly Build Self Confidence. Membaca sekilas, ternyata lama-lama semakin menarik. Dengan sedikit kemampuan bahasa asing dan bantuan Google translator, akhirnya artikel manis tersebut bisa kuterjemahkan ‘dengan baik’ dan seperti biasa langsung kupersembahkan ke seluruh pembaca blog ini. Inilah dia tentang 8 cara cepat untuk membangun percaya diri:

1. Sharp Dress
Ubahlah penampilan dengan sesuatu yang baru yang bukan kebiasaan Anda selama ini. Cobalah sesuatu dengan berani tampil beda, khas dan berpakaian serba cerah. Hal ini akan membawa makna tersendiri yang membuat Anda tampak bersemangat.
2. Walk Faster
Biasanya seseorang yang memiliki percaya diri cara berjalannya agak lebih cepat dari biasanya. Bukan berarti terburu-buru. Berjalan 25% lebih cepat akan membuat Anda merasa PeDe dan terlihat penting.
3. Postur Bagus
Orang dengan bahu merosot dan gerakan lesu menampilkan seseorang yang kurang percaya diri. Mereka biasanya tidak antusias tentang apa yang mereka lakukan dan tidak menganggap diri mereka penting. Dengan berlatih postur yang baik, otomatis seseorang akan merasa lebih percaya diri. Cobalah berdiri tegak, menjaga kondisi kepala, dan membuat kontak mata. Anda akan membuat kesan positif pada orang lain dan langsung merasa lebih diberdayakan.
4. Pribadi Komersial
Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah mendengarkan pidato motivasi. Sayangnya, kesempatan untuk mendengarkan seorang pembicara besar adalah terbatas. Anda dapat menggantinya dengan menulis pidato 30-60 menit yang memuat kekuatan Anda. Cobalah membacanya di depan cermin dengan suara keras.
5. Terima kasih
Selalu mengucap syukur. Sisihkan waktu setiap hari untuk melihat semua daftar yang harus disyukuri. Ingat dan tulis kesuksesan masa lalu, prestasi, hubungan yang penuh kasih, dan berbagai momentum positif. Anda akan kagum berapa banyak hal positif yang terjadi untuk Anda dan akan termotivasi untuk melakukan langkah menuju sukses.
6. Memuji orang lain
Ketika kita berpikir negatif tentang diri sendiri, kita menjadi berperasaan negatif  juga terhadap orang lain. Untuk mematahkan siklus negatif ini, biasakanlah memuji orang lain. Dalam prosesnya, Anda akan menjadi pribadi yang disukai. Dengan mencari yang terbaik pada orang lain, Anda secara tidak langsung membawa yang terbaik dalam diri Anda.
7. Duduk di barisan depan 
Di sekolah, kantor, dan di berbagai tempat pertemuan di mana saja, orang selalu berusaha untuk duduk di barisan belakang. Hal ini mencerminkan kurangnya kepercayaan diri. Dengan memutuskan untuk duduk di barisan depan, Anda bisa mendapatkan sesuatu yang lebih dan tentunya akan membangun kepercayaan diri. Anda juga akan lebih terlihat oleh orang-orang penting yang berbicara di depan ruangan.
8. Bicaralah
Kadang-kadang dalam sebuah diskusi, seseorang tidak pernah berbicara karena mereka takut pendapatnya dinilai tidak berbobot. Ketakutan ini harus bisa dihilangkan. Cobalah  untuk berbicara setidaknya sekali dalam setiap diskusi kelompok, Anda akan menjadi pembicara publik yang baik, lebih percaya diri, dan diakui sebagai pemimpin oleh rekan Anda.

image: flickr.com

No comments:

Blog Archive