Tulisan Terbaru

Rahasia Doa


Berbicara tentang doa, mungkin ada diantara kita yang merasa doanya tidak/belum pernah terjawab. Sebaliknya ada yang merasa bahwa Tuhan telah menjawab doa-doanya. Baik secara penuh atau  masih sebahagian. Dari kedua kasus di atas kita tidak tahu mana yang benar. Yang pasti manusia selalu memanjatkan doa. Bagi sebagian atau bisa juga kebanyakan orang, sulit mengetahui mana doa yang sudah dikabulkan mana yang tidak. Artinya apa yang diperoleh saat ini tidak tahu persis apakah berasal dari doa yang dipanjatkan atau tidak.

Dalam “meminta permohonan” melalui doa, kita sering meminta apa yang kita inginkan saja. Padahal tanpa kita sadari doa itu sebenarnya diperiksa/dipertimbangkan Tuhan apakah sesuai dan baik bagi kita saat ini. Namun pada situasi ini kita sering berburuk sangka dan menyimpulkan doaku tidak pernah dijawab bahkan cenderung menyalahkan Dia.

Padahal jika lebih dicermati ketika doa kita tidak dijawab, justru disinilah Tuhan menyawangi kita umatnya dengan tidak mengabulkannya. Ia melihat kita belum siap dan belum mampu. Ia pun mungkin  saja mengganti permohonan dan harapan kita itu dalam bentuk atau wujud lain yang paling baik untuk kita saat ini sesuai kehendakNya.

Sebagai manusia, kita tidak gampang mengetahui apa yang menjadi kehendak Tuhan. Kalaulah kita bisa mengetahui apa yang terbaik yang ingin diberi Tuhan ke kita saat ini, sungguh bahagialah hidup kita.  

Sebagai penutup dalam postingan singkat ini, satu yang pasti (menurut penulis) adalah bahwa doa itu akan dijawab ketika waktunya telah tiba dan sesuai untuk kita. Dalam berdoa jangan pernah memaksakan kehendak. Sama seperti dalam pergaulan sehari-hari, jika kita memaksakan kehendak ke sesama maka situasinya  bisa berobah menjadi buruk dan berbahaya. Demikian dengan berdoa, jangan pernah memaksakan keinginan. Kita serahkan saja permohonan kita dan Dia nantinya akan menjawab yang mana yang terbaik untuk kita saat ini.

Satu yang pasti, sebagai umat yang beragama dan berketuhanan, segala  anugerah yang kita peroleh saat ini baik itu kesehatan, kecukupan materi, pangkat yang tinggi, keluarga yang sejahtera, dan hal lainnya adalah jawaban doa-doa kita seminggu, sebulan, setahun atau belasan atau puluhan tahun yang lalu.Happy Praying


image: www.christianitymalaysia.com

1 comment:

Langit said...

Mungkin saya sering berburuk sangka, sekiranya saya merasa doa saya blum terkabulkan, Tapi saya percaya Tuhan itu baik :)

Blog Archive