Tulisan Terbaru

"Cuci Mata"



Istilah “cuci mata” tentunya bukan hal yang asing lagi bagi kita. Istilah ini sering diungkapkan seseorang yang ingin melihat yang indah-indah agar ia terhibur. Bagi orang Medan, istilah ini sering diucapkan ketika seseorang ingin  jalan-jalan ke Mall atau Plaza tanpa bermaksud shoping barang tertentu. Intinya, ia ingin menghabiskan waktu seharian di mall atau plaza untuk menghibur diri  akibat suasana hati yang BeTe, galau, suntuk, bosan atau sesuatu yang membuat hati “gundah gulana.”

Saat cuci mata, seseorang berjalan-jalan sambil berkeliling menyisir toko-toko sambil melihat-lihat aneka produk di mall. Kadang ia bertanya ke si penjaga yang biasa disebut SPG (Sales Promotion Girl) bahkan mencoba berbagai produk. Namun karena maksud dan tujuan berkunjung ke mall adalah cuci mata, maka keseriusan untuk membeli pun dinomorduakan. Ada saja alasan yang diberi ke SPG agar produk yang dicoba tadi tidak jadi.

Dalam dunia cuci mata, bukan hanya produk yang dijual saja yang menjadi  objek perhatian. Tingkah laku dan gaya para pengunjung juga menjadi perhatian. Ada saja orang-orang yang berdiri dekat eskalator sambil melihat pengunjung naik turun di eskalator. Bukan hanya itu, hiasan-hiasan di mall juga menjadi objek cuci mata. Bahkan juga kadang-kadang seseorang yang cuci mata menyempatkan bertanya dengan SPG padahal tidak berkaitan dengan produk yang dijual. Hanya sebatas itu. Setelah ditanya ia kembali berkeliling dan melihat-lihat kesana kemari. Seseorang yang cuci mata juga datang ke mall hanya duduk menikmati kopi atau teh di tempat-tempat yang banyak tersedia di dalam mall.


Begitulah sekilas cuci mata. Apapun itu dan dimana pun itu,  yang penting hati kita bisa terhibur sesuai dengan definisi “cuci mata”  bisa bersenang-senang dengan melihat sesuatu yang indah.

1 comment:

Yobert Parai said...

cuci mata juga ah :D

Blog Archive