Tulisan Terbaru

DUA LEBIH BAIK DARIPADA SATU,BUKAN?

Tiba-tiba saya teringat buku best seller Robert T. Kiyosaki, The cashflow Quadrant. Kira-kira begini kutipannya di salah satu sub topik buku tersebut:

“ Untuk menjadi lebih aman secara financial, selain melakukan pekerjaan di kuadran “E”(Employe) atau “SE” ( Self Employe ), para individu juga sebaiknya belajar tentang kuadran “B” (Business) dan “I” (investor). Dengan memiliki kemampuan di kedua sisi kuadran, mereka otomatis akan merasa lebih aman.”

Paragraf lain juga mengatakan “ Orang yang hanya mengetahui tentang pekerjaan atau profesi mereka akan selalu merasa goyah dan tidak aman “ .

***********

Kutipan di atas merupakan sebuah tantangan di era ini, dimana kondisi goyah dan tidak aman sering terjadi bagi seseorang atau kelompok yang berada di kuadran “E” atau “SE”.

Orang – orang yang berada di kelompok “E” atau “SE” yang akan memasuki masa pensiun atau yang kena PHK tampak menjadi lebih khawatir dengan mengatakan “Apa nanti kegiatan saya?” atau “ Bagaimana nanti kondisi financial saya?”.
Kekhawatiran ini disebabkan karena selama aktif bekerja atau menjalani profesi, seseorang hanya fokus dalam pekerjaan atau profesi mereka dan tidak pernah terlintas dalam pikiran untuk mempelajari atau mendalami kuadran lainnya. Padahal bukan tidak mungkin banyak peluang untuk menguasai kuadran “B” atau “I” disaat seseorang masih aktif bekerja atau menjalani profesinya, atau bahkan disaat seseorang memiliki modal yang cukup. Sesuai dengan perjalanan sang waktu, semua kesempatan menjadi hilang dan terlewatkan dan ketika masa-masa sulit datang terjadilah kekhawatiran.

Sobat, jika Anda saat ini ada di kuadran “E” atau “SE”, Untuk menjadi tidak goyah dan lebih aman secara financial, cobalah untuk melirik, mempelajari dan menguasai kuadran “B” atau “I”. Artinya selain sebagai karyawan (E), Anda juga memiliki sebuah bisnis (B). Dengan demikian Anda telah memiliki DUA kuadran. Dua lebih baik daripada satu, bukan?

Bayangkan jika kita berdiri dengan satu kaki, pasti akan mudah terjatuh dibanding jika berdiri dengan dua kaki.

Best regards,
Piter Silitonga
Visit me more in:

Free image collection

Stay here ….

2 comments:

ipanks said...

begitu yap om.hmm bener juga sih, dua lebih baik dari satu :D.makasih om :D

NYoMaN said...

hehe jadi jika 1 gagal masih ada satu lagi :P
misalnya perusahaan gulung tikar kemudian phk setidaknya masih ada cadangan pemasukan :)

Blog Archive