Tulisan Terbaru

KRISIS GLOBAL: GOOGLE,YAHOO DAN MICROSOFT MAMPUKAH BERTAHAN?

Tiga perusahaan raksasa di dunia internet Google, Yahoo dan Microsoft pernah ingin saling bekerjasama, tetapi gagal. Microsoft pernah ingin membeli Yahoo tetapi ditolak. Google dan Yahoo pernah ingin menjalin kerjasama juga gagal.
Dengan terpaan krisis global saat ini sepertinya tidak ada lagi niat mereka untuk meninjau kembali penyebab “kegagalan” tersebut. Akhirnya mereka tetap seperti yang dulu, jalan sendiri-sendiri dalam tiupan badai krisis yang ternyata menggelitik keberadaan mereka saat ini. Jalan apakah yang mereka tempuh untuk bertahan dalam situasi ini?
Mari kita simak strateginya:

Yahoo:
CEO Yahoo yang baru diangkat Carol Bratz memutuskan untuk tidak menaikkan gaji karyawan untuk tahun 2009 ini dengan alasan untuk meredam biaya sekaligus untuk menaikkan keuntungan perusahaan yang sempat goyah. Keputusan ini adalah kebijakan yang lebih masuk akal dibanding mem-PHK karyawan, apalagi bulan lalu Yahoo telah sempat mengumumkan pemangkasan sekitar 1.500 karyawan.

Google:
Google tidak seperti Yahoo, mereka mem-PHK 100 orang pegawainya, jumlah ini adalah seperempat dari petugas rekrutmen yang ada di raksasa internet tersebut. Saat ini Google sendiri memiliki hampir 20.000 pegawai yang tersebar di seluruh dunia.
Google juga memutus kontraktor dan melakukan penurunan pemberian hadiah tahunan kepada karyawannya, dan menutup beberapa kantor Engineering yang berlokasi di Austin, Phoenix, Norwegia dan Swedia. Beberapa proyek yang kurang laku pun rencananya akan dihentikan oleh Google, termasuk Catalog Search, Notebook, Jaiku dan Dodgeball.

Microsoft:
Perusahaan software raksasa ini mengumumkan secara resmi akan melakukan PHK terhadap 5000 pekerjanya untuk menekan struktur ongkos dan mengurangi imbas krisis.
Tujuan PHK ini adalah untuk menghemat biaya perusahaan sampai US$ 1,5 miliar per tahun. PHK ini adalah yang terbesar dan pertama kalinya sejak perusahaan Bill Gates tersebut didirikan pada tahun 1975.

Dengan strategi dan jalan yang mereka tempuh, apakah mereka akan mampu bertahan? SEMOGA!!
Karena jika tidak… saya “tidak akan bisa lagi” membuat postingan ini.

Best Regards
Piter Silitonga


1 comment:

ipanks said...

kayaknya 3 perusahaan itu memang ga pernah bisa akur y om hehehe

Blog Archive