Tulisan Terbaru

Selamat Hari Batik Nasional 2014


Hari ini 02 Oktober 2014 diperingati sebagai hari Batik Nasional. Hari Batik Nasional ini ditetapkan pada tahun 2009 dimana UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization badan PBB yang menangani kebudayaan, menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). 

Penetapan ini dilakukan tanggal 2 Oktober 2009, inilah yang menjadi alasan mengapa tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Peringatan ini bukan hanya Nasional, tetapi sesuai situs Wikipedia, UNESCO juga menetapkan sebagai Hari Batik Sedunia.

Pada awalnya proses yang ditempuh oleh Pemerintah Indonesia untuk mendapat pengakuan refresentatif dari UNESCO tentang batik ini sangat alot. Proses nominasi Batik Indonesia ke UNESCO dikirim tanggal 3 September 2008. Pemerintah Indonesia pun harus menunggu prosesnya lebih dari 4 bulan. Akhirnya tanggal 9 Januari 2009 UNESCO menerima proses nominasi ini untuk diproses lebih lanjut. Berapa bulan setelah diterima UNESCO, tahap selanjutnya yang ditempuh dalam proses pengakuan Batik ialah pengujian tertutup di Paris. UNESCO menggelar pengujian selama empat hari dari 11-14 Mei 2009.

Hal yang ditunggu-tunggu pun tiba, Rabu, 2 Oktober 2009 jadi puncak penantian Indonesia. UNESCO mengukuhkan Batik Indonesia dalam daftar representative Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pengakuan UNESCO itu ditindaklanjuti oleh Presiden SBY dengan mengeluarkan Kepres No 33/2009 yang menetapkan bahwa setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Salah satu alasan diterimanya Batik ini sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi karena Batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah.

Sebelumnya, prahara terjadi berkaitan tentang Batik. Malaysia yang selalu menjadi momok menjengkelkan bagi Indonesia dalam hal pengklaiman kebudayaan sempat mengklaim Batik ini. Namun pemerintah Indonesia langsung bereaksi atas kejadian itu dan dengan segera mendaftarkan Batik ke UNESCO.

Batik merupakan warisan Indonesia yang sudah diakui dunia. Batik adalah identitas bangsa Indonesia. Batik pun dipercaya menjadi bagian penting seseorang di Indonesia sejak lahir hingga meninggal dunia. 

Namun sesuai dengan perkembangannya, saat ini batik yang beredar di pasar Indonesia juga banyak berasal dari impor. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), ada 282,3 ton batik yang diimpor dari berbagai negara dengan nilai US$ 5,2 juta (Rp 63 miliar) selama 2013. Batik yang diimpor umumnya untuk laki-laki maupun perempuan yang sudah pakaian jadi seperti baju, gaun dan sejenisnya.

China adalah tujuan import terbesar yakni sebesar 136,8 ton atau senilai US$ 2,1 juta. China memang cukup rutin untuk memasok batik. Negara berikutnya adalah Italia yang ikut memasok batik ke Indonesia dengan besaran 43,1 ton atau US$ 937,6 ribu. Hong Kong sebesar 32,1 ton atau US$ 398 ribu. Selanjutnya, Republik Korea mencatat 18,1 ton atau US$ 355 ribu dan Jepang 13,3 ton atau US$ 348 ribu. Adapun negara lainnya mencatat total 38,7 ton atau US$ 1,02 juta.

image: http://cicikurn1a.weblog.esaunggul.ac.id


2 comments:

sherlina halim said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

Dwi Sulistiyani said...

Thanks for sharing.. Mencari perlengkapan membatik berkualitas dengan harga murah.. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya. Regards : Fitinline..

Blog Archive