Tulisan Terbaru

Bunga Melati


PieterSilitonga - Melati dari Jayagiri
Kuterawang keindahan kenangan
Hari-hari lalu di mataku         
Tatapan yang lembut dan penuh kasih ...

Sekelumit lagu grup legendaris BIMBO yang hingga saat ini masih indah didengar dengan seribu kisah di dalamnya. Pertama sekali lagu ini aku dengar saat masuk SMA kelas satu sekitar 28 tahun lalu. Lagu ini menjadi bahan belajar bermain gitar saat pelajaran kesenian yang kebetulan materinya kala itu belajar bermain gitar.

Saat pertama sekali mendengar lagu ini, entah kenapa aku langsung jatuh hati. Dari liriknya yang manis dan chord gitarnya yang penuh dengan kunci minor, lagu ini begitu indah dan sepertinya menyimpan banyak kisah. Hingga sekarang lagu Melati dari Jaya Giri ini selalu masuk dalam folder lagu yang kudengar setiap hari saat duduk manis di depan komputer.

Berbicara tentang bunga melati, bunga yang dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau bunga nasional ini merupakan sebuah bunga putih nan harum yang melambangkan kesucian dan kemurnian. Bunga itu bersih, kecil-kecil namun selalu rajin menampakkan diri. Baunya yang harum selalu memberi kesegaran ke sekelilingnya. Dengan warna bunganya yang putih nan bersih itu, bunga ini menjadi lambang kesucian, keanggunan dan selalu menarik perhatian.

Bunga Melati banyak dijadikan sebagai  sumber inspirasi oleh para seniman dan oleh siapa saja yang menginginkan kesederhanaan dan keanggunan. Banyak lirik lagu, puisi-puisi, dan aneka cerita yang menjadikan bunga ini sebagai lambang cinta, kesucian namun penuh kesederhanaan. Baunya yang semerbak menjadikan melati sering dilambangkan dengan seorang gadis pujaan hati yang cantik, sederhana, anggun dan bersih. Dian Pramana Putra juga  menggunakan bunga ini dalam lagunya “kau melati putih nan bersih kau tumbuh diantara belukar berduri..” hmmmm sebuah lagu yang romantis dan menggambarkan seorang gadis yang anggun, cantik dan penuh daya pikat.

Walau melati sering tumbuh diantara belukar berduri, namun ia tetap mampu berbunga dan menebarkan harumnya ke sekeliling. Tidak heran kalau bunga melati ini banyak dijadikan sebagai minyak wangi dan teh dengan aroma dan rasa yang nikmat juga sebagai bahan kosmetik dan obat-obatan.

Bagi saya sendiri, bunga melati membawa makna yang dalam. Setiap mendengar lagu yang berlirik bunga melati, rasanya hidup semakin bersemangat dan siap menatap indahnya hari esok yang lebih baik. Melihat semakin keras dan sibuknya kehidupan saat ini yang penuh dengan ketidakjujuran bahkan sikut-sikutan untuk sebuah tujuan, kehadiran bunga melati menjadi motivasi tersendiri untuk selalu memampukan diri berkarya dan berbuat baik.

Rasanya sungguh sangat indah jika hidup seperti bunga melati. Bunga yang tetap memberikan keharuman, keindahan, kesederhanaan walau kadang ia tidak tampak karena terjepit diantara belukar.  Dengan keharumannya yang menyebar ke sekeliling ia akan selalu didekati dan semua akan senang saat bersamanya.  

Demikian tentunya dengan kita yang semestinya selalu siap menyebar kebaikan dan kesederhaan ke sekeliling. Kita pun akan menjadi figur  yang selalu disukai, didekati dan mampu memberikan suka cita dan kenyamanan bagi orang lain. (*)

image: www.fabiovisentin.com


email: piter_centre{at}yahoo.com





No comments:

Blog Archive