Tulisan Terbaru

MAKNA DIBALIK SEBUAH LAGU


Sore di hari Minggu ini langit tampak mendung disertai angin kencang yang membuat dedaunan pohon mangga di samping rumahku bergerak tak tentu arah. Sepertinya hujan akan turun.

Karena aktivitas di hari ini tidak sesibuk seperti hari kerja, aku pun duduk di teras samping rumah ditemani semangkok teh manis panas dan sebungkus Marlboro putih.

Sambil menatap ke langit yang mendung, akupun memainkan lagu-lagu mp3 yang sudah tersimpan di smartphone warna silver milikku yang baru 3 minggu aku beli.

 “Perjalanan ini terasa sangat menyedihkan, sayang engkau tak duduk di sampingku, kawan.” Sepenggal liryk manis dari sang penyanyi dan pencipta lagu legendaris Ebiet G Ade langsung mengalun. Muncul lagi  “Bintang”nya   group Anima.  “Kan ku abaikan, Sgala hastratku. Agar kamu tenang dengannya. Ku pertaruhkan, Semua ragaku, Demi dirimu bintang.”

Sambil menikmati deretan koleksi lagu itu, aku pun terbawa suasana yang cukup menenteramkan hati dan mengingat masa-masa muda dulu yang penuh dinamika.

Sebuah lagu bisa membawa kita ke berbagai suasana yang berbeda-beda. Ketika sedang mendengar lagu sedih dan sentimentil dengan alunan musik serta suara penyanyi yang mendayu-dayu, kita akan terbawa dalam suasana sedih  bahkan bisa meneteskan air mata akibat emosi yang tidak tertahan. Ketika mendengar lagu keras dan ngerock, kita pun ikut melonjak-lonjak, riang gembira dan bisa melupakan berbagai yang mengganjal di hati. Ketika mendengar lagu mars, semangat seakan berkobar dan jiwa penuh energi.

Ketika mendengar sebuah lagu favorit, lagu itu mampu menenangkan jiwa yang rapuh serta mengenang kisah-kisah yang pernah kita alami. Seseorang yang jatuh cinta bisa melampiaskannya melalui lagu. Yang sedang berduka juga bisa terhibur karena lagu. Yang hanya sedang duduk-duduk dan bersantai juga bisa mengingat masa-masa muda penuh dilema dan kisah-kisah indah yang penuh dinamika. 

Ternyata lagu bisa membawa makna yang bermacam-macam dan inprestasi bagi pendengarnya. Lagu bisa mengungkapkan suasana hati atau menggambarkan kehidupan yang dijalani. 

Rasanya hidup kurang berarti jika tidak ada lagu. Saat menyanyikan sebuah lagu, kita akan merasa lega, tenang, dan gembira. Lagu juga akan mampu memotivasi dan menginspirasi setiap orang. 

Langit mendung dan hembusan angin sore ini ternyata benar-benar menandakan hujan akan turun. Tetesan air dari langit satu - persatu mulai turun membasahi lantai teras rumahku. Sambil mendengar lagu “You’re all I need” milik white lion, aku memberesi mangkok teh dan membuang isi asbak yang penuh puntung rokok. Aku pun masuk ke rumah dengan lagu white lion yang masih mengalun. Hujan pun turun dengan deras membasahi bumi.

No comments:

Blog Archive