Tulisan Terbaru

HATI-HATI! 5 HAL BERIKUT TIDAK PERLU DIPASANG DI FACEBOOK


Facebook  sebagai situs jejaring sosial yang paling ngetrend saat ini  sudah menjadi sebuah media tempat  berbagi informasi, aktivitas, status, dan aneka data pribadi para penggunanya. Tidak komplit rasanya jika sebuah aktivitas atau hal menarik tidak di upload ke facebook. Ditambah lagi jika ada teman yang me-like atau memberikan komentar.

Namun dibalik semua itu, kita tidak pernah tahu siapa saja yang selalu melihat informasi tentang kita. Banyak orang di luar sana yang mungkin mengamati, mengintai dan berencana melakukan sesuatu yang tidak baik berdasarkan informasi yang kita sebar di facebook.

Untuk bisa meminimalisir hal yang tidak diinginkan sekaligus meningkatkan keamanan dan rasa nyaman di facebook, 5 hal berikut perlu Anda atur dan tinjau ulang jika berniat mencantumkannya di facebook.

1. Tanggal lahir
Kita semua pasti senang saat mendapatkan "ucapan ulang tahun" dari teman-teman. Ini menandakan bahwa mereka masih care dan senang terhadap hubungan yang terjalin. Masalahnya adalah bisa saja orang-orang di luar sana berusaha mencuri identitas berdasarkan tanggal lahir dan mampu merekayasa  data yang nantinya akan menjerat kita.
Untuk kasus ini, lebih baik kita tidak perlu mencantumkan tanggal lahir di facebook. Namun jika tetap ingin menampilkannya, setidaknya sembunyikan tahun kelahiran.

2.  Hubungan Status “single”
Para pengguna facebook paling senang melihat status seseorang. Jika Anda membuat status ‘single’ hal ini memberikan peluang atau lampu hijau bagi para pengintip untuk mencoba mengganggu Anda.  Bahkan mereka berusaha mencari lokasi Anda yang menganggap Anda saat ini hanya sendiri di rumah. Untuk menghindari hal ini lebih baik kosongkan saja kolom status facebook Anda.

3. Lokasi Anda saat ini
Banyak yang menyukai fitur lokasi penandaan di facebook yang memungkinkan orang lain tahu keberadaan kita selama 24/7. Jika Anda membuat status sedang berlibur ke luar kota dan juga menyebut kota tujuan serta lama perjalanan Anda, bisa saja timbul niat  seseorang merampok, menculik dan mencuri di rumah Anda. Jika Anda harus menambahkan aktivitas liburan, lebih baik tidak memberikan lokasi Anda sama sekali. Anda bisa meng-upload foto-foto liburan dari rumah saat liburan sudah selesai.


4. Status sendirian di rumah
Pengguna facebook remaja kadang-kadang tidak terlalu jauh memikirkan status yang dibagikan di facebook. Bagi orang tua hendaknya mengingatkan anak-anak yang membuka facebook, JANGAN pernah membuat status “sendirian di rumah”. Hal ini akan mendorong para pengguna untuk melakukan aksi-aksi jahat. Kita mungkin berpikir bahwa hanya teman-teman kita memiliki akses ke status kita, tetapi kita benar-benar tidak tahu siapa yang membacanya. Mungkin saja akun teman-teman kita yang ratusan dan ribuan itu telah banyak di hack sehingga seseorang mengetahui status Anda kapan saja. Aturlah privasi Anda seketat mungkin. 
5. Tidak perlu menandai foto anak/anggota keluarga.
Kita tentunya sering mengabadikan foto  anak-anak kita yang sedang bergaya,baru lahir, sedang ulang tahun, dan lainnya. Sering sekali kita menandai mereka ke teman-teman dan sanak keluarga tanpa berpikir dua kali. Bahkan mungkin 9 dari 10 orang tua sering memposting nama lengkap, tanggal, dan waktu lahir anak mereka.
Informasi ini dapat digunakan oleh penjahat untuk memikat si anak. Mereka bisa menggunakan nama anak Anda dan nama-nama kerabat mereka dan teman-teman untuk meyakinkan si anak bahwa mereka adalah keluarga dan bukan orang asing. Jika Anda harus posting foto anak-anak Anda maka setidaknya harus menghapus informasi pribadi seperti nama lengkap dan tanggal lahir. Hapus tanda gambar ke teman-teman. Berhati-hatilah sebelum Anda menandai  gambar anak-anak. Jika harus memberikan gambar ke kerabat dan family, Anda dapat mengirimnya melalaui inbox atau link ke gambar.

 Kelima hal di atas sangat berhubungan dengan keamanan Anda,keluarga dan orang-orang yang Anda kenal. Aturlah tingkat privasi Anda seketat mungkin agar kita aman dan nyaman dalam berinteraksi di facebook.

1 comment:

Jimox said...

nambahin pak, email. email sangat rawan kalau kita tampilkan difacebook, jadi sebaiknya juga jangan ditampilkan. selain kelima hal diatas

Blog Archive