Tulisan Terbaru

DOODLE GOOGLE HARI INI


Anda melihat logo Google hari ini tidak seperti biasanya, bukan? Hari ini logo Google menampilkan logo ULTAH sang penyanyi legendaris Freddie Mercury. Bukan hanya itu saja, tanggal 17 Agustus 2011 kemarin Google juga mengganti logonya untuk memperingati Hari kemerdekaan Republik Indonesia. Logo Google ini biasanya berubah ketika ada peringatan peristiwa-peristiwa penting  dunia seperti ulang tahun, liburan, atau kehidupan para seniman, ilmuwan, dan tokoh-tokoh penting dunia. Logo yang berubah-ubah ini dikenal sebagai Doodle.

Doodle pertama sekali diluncurkan tahun 1998 ketika Larry dan Sergey dua sejoli pendiri Google mengutak-atik logo Google untuk menunjukkan kehadiran mereka di sebuah festival Burning Man di gurun Nevada. Saat itu mereka menggambar tongkat yang ditempatkan di belakang 2 huruf “o” dalam kata Google. Perubahan logo ini awalnya dimaksudkan sebagai pesan lucu bahwa mereka sedang “keluar dari kantor.”

Pada tahun 2000, Larry dan Sergey kembali mencoba merubah logo Google dan menyuruh seorang webmaster Dennis Hwang yang saat itu sedang magang di perusahaan Google untuk mendesain doodle sehubungan dengan Bastille Day. Senang dengan hasilnya, Dennis kemudian diangkat menjadi kepala doodler Google untuk aksi corat-coret di situs Google.

Saat ini tanggungjawab pembuatan Doodle diserahkan sepenuhnya ke tim desainer yang mampu menciptakan Doodle dengan tujuan agar seluruh masyarakat dunia bisa mengingat berbagai peristiwa penting dunia sekaligus bisa terhibur dengan logo-logo yang unik dan lucu.


Hingga saat ini tim doodle telah menciptakan lebih dari 300 doodle untuk Google.com di Amerika Serikat dan lebih dari 700 telah dirancang secara internasional.


Untuk lebih mendekatkan diri ke seluruh masyarakat dunia, Google juga membuka kesempatan  untuk mengajukan ide untuk doodle. Bagi Anda yang ingin mencoba ide doodle dan berharap bisa ditayangkan menjadi pengganti logo google, dapat dikirim ke proposal@google.com.

Oh ya bagi Anda yang ingin melihat semua  Google doodle yang telah ditayangkan selama bertahun-tahun, dapat mengunjungi situsnya di  www.google.com / logo

1 comment:

Lutfie Tutor said...

wah makasih indfonya mantap sobat

Blog Archive