Tulisan Terbaru

SELAMATKAN BUMI DENGAN NGEBLOG

Fenomena ngeblog akhir-akhir ini menjalar dengan cepat dan terus berkembang di hampir seluruh negara, tidak terkecuali Indonesia. Ngeblog telah menjadi sebuah trend tersendiri, bahkan sudah banyak yang merasa malu jika tidak punya blog. 

Para blogger (pemilik blog) yang awalnya didominasi para praktisi TI, saat ini telah merambah ke orang biasa, pelajar, mahasiswa, dosen, peneliti, menteri bahkan presiden. Thema yang diangkat dalam blog pun bermacam-macam.  Ada yang berisi postingan santai dan ringan tapi menyegarkan, ada blog yang khusus memberi tips dan trik, blog motivasi dan inspirasi, atau blog yang berisi CERPEN dan puisi. Bahkan  ada blogger yang membahas politik dan aneka kesenjangan sosial. 

Trend ngeblog yang semula merupakan media personal yang berperan hanya untuk berbagi pengalaman dan bertukar informasi serta menyuarakan pikiran, pengalaman dan pengetahuan pemiliknya, kini mulai beralih ke ranah profesi. Blog sudah mampu menghasilkan pendapatan bagi pemiliknya dengan berbagai jenis bisnis online yang tersebar di dunia maya. 

Seiring dengan meluasnya pengaruh dan manfaat ngeblog, maka sangat dimungkinkan media ini bisa berperan dalam berbagai program perlindungan bumi. Salah - satunya adalah dengan ngeblog kita bisa mengkampanyekan atau menyuarakan program penyelamatan bumi dengan membuat postingan yang berhubungan dengan lingkungan, pencemaran, dan informasi lainnya terkait penyelamatan bumi. 

Manfaat lain ngeblog dalam program perlindungan bumi, dapat dijabarkan sebagai berikut:

1.Sebagai diary online. Dengan adanya manfaat ini, maka kita bisa menghindari pemakaian aneka buku diary yang tebal itu sekaligus menghemat uang, karena kita sudah bisa menuangkan segala isi pikiran, perasaan, dan aktivitas sehari-hari ke dalam blog tanpa kertas dan alat-alat tulis.
2.Sebagai media untuk menyimpan foto-foto kenangan. Dengan meng-upload gambar-gambar favorit ke dalam blog, kita tidak perlu lagi mencetak foto-foto tersebut ke kertas. Tentunya hal ini akan menghemat biaya dan mengirit pemakaian aneka kertas.
3.Sebagai buku online. Kita tidak terlalu fokus lagi untuk membeli buku, majalah atau koran, karena banyak blogger dengan cepat telah memposting berbagai informasi terkini untuk para pembacanya. Selain itu, blog sudah banyak memiliki link-link ke sumber bacaan lain yang menyediakan segala informasi yang kita butuhkan. Dengan demikian kita tidak susah-susah lagi ke luar rumah dan pergi ke toko buku yang semuanya akan menambah cost.
4.Sebagai media bisnis online. Dengan ngeblog kita bisa menjadikannya sebagai toko online yang bisa diurus dari rumah. Sudah banyak yang sukses berbisnis dengan menjual aneka produk dan kerajinan tangan melalui blog. Dengan sistim ini, kita tidak direpotkan lagi harus menggunakan kertas-kertas dan  bepergian dengan kendaraan. Ini tentunya akan mengurangi biaya operasionil dan emisi gas perusak bumi. Juga dengan menggunakan blog sebagai media marketing online, maka kita tidak perlu lagi mencetak brosur dengan jumlah banyak dan membutuhkan kendaraan untuk menyebarkannya. Cukup hanya dengan menyebar toko online kita di internet. 
5.Sebagai media komunikasi. Dengan adanya fasilitas komentar, chating, dan pesan dinding dalam blog, maka kita bisa berkomunikasi dengan cepat dan efisien dengan orang lain. Jika hal ini diterapkan di lingkungan sekolah atau kantor, maka segala pengumuman rapat, materi rapat, dan informasi penting lainnya tidak perlu lagi dicetak dan diantar atau dibagikan. Cukup dengan membaca blog, maka informasi tersebut dapat dibaca para guru atau karyawan kapan dan di manapun mereka berada. 
6.Sebagai ruang kelas online. Jika seluruh guru atau dosen memiliki blog, maka blog bisa menjadi sebuah ruang kelas online. Untuk maksud ini, para guru dan dosen bisa memposting materi pelajaran serta soal-soal latihan di blognya. Dengan demikian para siswa bisa membaca materi-materi tersebut setiap saat dan dari mana saja. Dengan demikian, para siswa akan terhindar dari biaya fotocopy ulang dan meminimalisir pembelian modul dan diktat. 

Dengan melihat fungsi dan manfaat ngeblog di atas, sudah pasti  hal ini akan mampu meningkatkan efisiensi, melakukan penghematan dan mengurangi sampah-sampah kertas dan bahan lainnya yang bisa merusak lingkungan. 
Jika hal ini diterapkan dan dilakukan menyeluruh di berbagai negara, niscaya ngeblog itu akan mampu menyelamatkan bumi. 

No comments:

Blog Archive