Tulisan Terbaru

e-Pameran, e-Video, dan Rumah Web untuk Produk UKM Indonesia

Latar Belakang
Sesuai kesepakatan sebelumnya, pada bulan Januari 2010 akhirnya kesepakatan perdagangan ACFTA telah diluncurkan. Dengan kesepakatan ini maka produk China dengan tarif bea masuk nol yang harganya akan semakin murah, akan membanjiri pasar dalam negeri.
Hal ini tentunya akan membuat produk lokal menjadi pilihan "nomor dua". Dengan keadaan ini, maka para pelaku bisnis khususnya di sektor UKM akan mengalami kesulitan untuk menjual aneka produknya.

Lingkup permasalahan
Masalah yang paling dikhawatirkan adalah pengaruh ACFTA terhadap keberlangsungan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berkonsentrasi pada pasar dalam negeri. UKM inilah yang paling parah terkena imbas dengan membanjirnya produk-produk China tersebut.
Beberapa faktor penyebabnya adalah: belum adanya sistim informasi  dan promosi  produk  UKM  secara detail dan profesional dalam menembus pasar, belum adanya media pembelajaran, forum, diskusi, tanya-jawab antar pelaku UKM di Indonesia,  serta sistem penjualan online yang khusus berisi tentang aneka produk UKM.  
Dengan demikian, konsumen luar negeri dan masyarakat Indonesia sendiri  mengalami keterbatasan informasi tentang  aneka produk UKM tersebut.

Solusi
Untuk mengatasi hal ini tentunya harus dibuat sebuah sistim  yang  khusus disediakan bagi para pelaku UKM di Indonesia. Untuk tujuan ini, pengembangan sistim E-PAMERAN, E-VIDEO, DAN RUMAH WEB untuk seluruh UKM di Indonesia sangat diperlukan.

Rencana Implementasi & Teknologi Pendukung
Untuk mencapai tujuan ini, maka pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM bisa membangun sebuah sistim yang khusus diperuntukkan bagi UKM Indonesia dengan menggunakan layanan sebagai berikut:
  1. e-Pameran: Promosi produk – produk UKM secara online dan dilakukan secara berkesinambungan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, dan disebar ke seluruh masyarakat serta  pasar dunia.
  2. e-Video: Dengan layanan ini maka pelaku UKM bisa mempromosikan dan menjual aneka produknya sekaligus memberi penjelasan yang akurat tentang produk tersebut secara live.
  3. Rumah WEB: Membuat sebuah website yang berisi  khusus tentang informasi seluruh UKM yang ada di Indonesia, termasuk profil dan aneka produk yang dimiliki. Dalam Wesite ini dikembangkan sebuah sistim penjualan online serta forum diskusi antar pelaku UKM untuk bisa saling diskusi.
Setelah fasilitas ini tersedia, maka seluruh UKM yang ada, wajib mendaftarkan informasi tentang mereka, aneka produknya, harganya, dan lain-lain yang diperlukan.

Benefit
1. Dengan adanya fasilitas ini, maka penyebaran informasi tentang aneka produk UKM akan sangat cepat diketahui masyarakat  termasuk pasar luar negeri.
2. Akan sangat mengurangi biaya promosi  pelaku UKM dalam mempromosikan serta menjual aneka produknya.
3. Menjadi sebuah media  informasi atau forum diskusi antar pelaku UKM, sehingga mereka bisa berbagi pengalaman dan menemukan berbagai hambatan dan menjadi ajang persaingan dalam  inovasi produk.
4. Dengan adanya rumah web, maka pihak perbankan juga lebih mudah  melihat layak tidaknya sebuah UKM menerima bantuan modal, dilihat dari profil serta informasi lengkap UKM tersebut.
5. Terjadinya transaksi online yang memudahkan pembeli dan pihak UKM.


(Tulisan ini sedang ikut dalam lomba creativesolutionsaward.
Jika berkenan vote ya via SMS, caranya: ketik CSAIDEA 208 kirim ke 9779. Thanks)

No comments:

Blog Archive