Tulisan Terbaru

YES OR NOT ? DITUNGGU COMMENTNYA

Bila melihat gelas berisi separuh air, ada yang mengatakan "setengah berisi" dan yang lain berkata "setengah kosong". Mana yang benar?

Ketika melihat awan menggumpal di langit, ada yang mengatakan mirip Einstein, ada juga yang mengatakan seperti pohon beringin atau seperti rambut Madonna, bahkan ada juga yang mengatakan tidak berbentu apa-apa. Mana yang benar?

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa jumlah roda mobil adalah 8 (delapan), dua di sebelah kiri, dua di sebelah kanan, dua di depan dan dua di sisi belakang, total adalah 8.
Tetapi jika melihat vertikal dari atas, justru tidak mempunyai roda. Tetapi jika dihitung satu per satu, so pasti jumlahnya adalah empat. Mana pula yang benar?

Dari tiga item di atas, pada hakekatnya jawaban setiap orang selalu berbeda, dan kita tidak tahu siapa yang benar. Hal seperti ini sering terjadi dalam aktivitas kita sehari-hari . seperti dalam lingkungan pekerjaan, organisasi, persahabatan, atau dalam kehidupan keluarga, dimana untuk membahas sebuah permasalahan sering sekali menghasilkan berbagai komentar.

Bila Seseorang melihat sesuatu dari sisi A, yang lain melihat dari sisi B atau C atau D. Otomatis keadaan seperti ini menghasilkan banyak jawaban atau komentar yang berbeda.

Dengan berbagai jawaban yang beraneka ini, tidak jarang menghasilkan masalah yang serius. Visi dan misi yang berbeda dengan teman-teman di kantor, kesalahpahaman dengan orang lain, kritik yang bertubi-tubi terhadap seseorang, saling melepas tanggung jawab, dll adalah beberapa contohnya.

Mengapa kasus seperti ini dapat terjadi? Sebenarnya sih bahkan banyak faktor, salah satunya adalah perbedaan sudut pandang.

Sebenarnya sih perbedaan sudut pandang ini tidak perlu dipersoalkan, dan perbedaan sudut pandang untuk setiap orang bisa saja diterima “sepanjang” sudut pandang tersebut dapat dipertanggungjawabkan dengan argumentasi yang reasonable, artinya dapat dibuktikan secara teoritis dan praktek



Yes or Not ? Ditunggu Commentnya…………


Best Regards,

piter m.s,s.si

visit me more

4 comments:

ipanks said...

menurut saya sih tergantung apa yang dipersoalkan dan tergantung ingin dari mana kita melihat hehehe :D

Ani said...

Begitulah, jawaban tiap orang terhadap suatu permasalahan memang cenderung subyektif dan berbeda2, tergantung banyak faktor, sudut pandang, pengalaman, budaya, dan lain2.

RainTurb said...

yes yes yes

ini komennya_^

NYoMaN said...

tergantung situasi dan kondisi juga :)
kalau hal itu bisa dibuktikan biasanya pendapat akan cenderung lebih sama :P kecuali jika hal2 yg relatif seperti diatas :P

Blog Archive