Tulisan Terbaru

20 Sumber Inspirasi Untuk Menghasilkan Tulisan Menarik


PieterSilitonga - Setiap penulis tidak pernah terlepas dari inspirasi. Inspirasi bisa muncul begitu saja dan kadang-kadang berasal dari sumber-sumber yang tidak terduga. Namun tidak jarang pula inspirasi itu begitu sulit datangnya. Para penulis harus memutar otak  untuk sebuah inspirasi yang siap dituangkan dalam tulisan.

Sumber-sumber berikut mungkin bisa membantu Anda baik sebagai penulis pemula atau yang sudah mahir untuk menemukan inspirasi sehingga mampu mengaktualisasikannya dalam sebuah tulisan menarik yang siap dinikmati para pembaca.

1. Blog. Ada ratusan blog tersebar di internet dengan berbagai topik menarik. Ada blog bertema kisah-kisah pribadi, petualangan, menyajikan gambar-gambar jaman dulu, hingga blog seorang ibu rumah tangga yang berbagi tips tentang merawat anak autis dan juga blog yang memuat cara merawat ikan hias atau tanaman, juga aneka tips memasak. Semuanya bisa menjadi inspirasi untuk menghasilkan tulisan yang sangat menarik.

2. Buku. Seorang penulis tidak pernah lepas dari buku. Disana banyak informasi yang bisa diambil. Kisah sukses, cerita fiksi atau cerita ilmiah yang bisa dianalisa dan disaring  sehingga kita bisa mengambil sebuah paragraf untuk dikembangkan dan lahirlah inspirasi baru.

3. Mendengar dialog. Dialog orang lain baik itu di rumah, kantor, taman atau mall bisa menjadi sumber inspirasi. Kita bisa mencuri dialog mereka dengan sedikit mendekat atau menguping. Mungkin kita bisa mendengar potongan dialog yang menarik. Inilah yang menjadi sumber tulisan dan kita bisa menuangkannya sesegera mungkin.

4. Majalah. Kita dapat menemukan cerita fiksi atau non-fiksi dalam sebuah majalah. Disini kita bisa menemukan gaya penulisan, seakan langsung mendengar suara, irama dan kemampuan untuk menarik kita hingga ke akhir tulisan. Potongan-potongan dalam tulisan itu bisa dijadikan inspirasi untuk menulis cerita menarik.

5. Film. Kadang-kadang saat menonton film, karakter seseorang begitu menarik dan memukau. Skenario film yang indah juga mampu memberikan inspirasi sehingga kita mengatakan, "Itu akan membuat posting blog yang hebat!" Atau "Saya harus menulisnya dalam jurnal saya!" . Lain lagi sistim kamera yang luar biasa dengan bingkaian wajah para pemain dan suasana alam yang indah terekam dalam film. Semuanya bisa menjadi inspirasi.

6. Forum. Banyak tersedia forum-forum yang menyampaikan informasi dan berbagai pertanyaan dan ide-ide. Walau penyajian tulisan mereka di forum kadang susah dipahami, tetapi dengan membaca secara seksama dan teliti, semua tulisan disana bisa menginspirasi.

7. Seni. Banyak karya seni di sekeliling kita. Kita bisa memotret dan meletakkannya di desktop komputer. Selain itu banyak karya seni bertaburan di internet dengan image dan juga animasi yang indah yang memberikan inspirasi.

8. Musik. Saat mulai mencari inspirasi untuk menulis, sungguh baik jika kita ditemani musik seperti karya Mozart, beethoven, beatles, atau musik apa saja. Musik ini akan mampu menghasilkan inspirasi.

9. Teman. Percakapan dengan teman-teman secara langsung atau melalui telepon, email, YM atau Facebook bisa mengilhami. Mereka bisa menyumbangkan ide-ide mereka sendiri dan kita padukan dengan tulisan kita sehingga menjadi sesuatu yang lebih bagus dan menarik.

10.Kelompok menulis. Kelompok menulis banyak tersedia baik online atau di komunitas kita sendiri. Bergabung dengan kelompok menulis adalah cara yang tepat untuk mendapatkan energi dan motivasi untuk menulis. Disini akan ada saran dan kritik sehingga tulisan kita semakin sempurna. Karya para penulis lain pun akan mengilhami kita melahirkan tulisan-tulisan menarik.

11.Kutipan. Kutipan-kutipan mampu membantu menginspirasi. Kita bisa browsing sambil membaca kutipan untuk menemukan ide menulis.

12. Alam. Ketika ide sulit diperoleh, kita bisa jalan-jalan atau jogging. Di sepanjang trotoar dan saat memijak rerumputan serta saat berkeliling di antara pohon-pohon dan ladang serta perbukitan dan perbukitan, inspirasi akan mengalir. Matahari terbit dan terbenam, aliran air melalui lautan, sungai, danau, hujan, anak sungai, bahkan genangan air pasti bisa menginspirasi.

13. Sejarah. Peristiwa dan orang-orang besar dalam sejarah bisa menginspirasi untuk bahan tulisan. Kita bisa mengambil inspirasi dari kisah Benjamin Franklin, Gandhi, Abraham Lincoln, Helen Keller, Leonardo da Vinci, dan orang hebat lainnya.

14.Perjalanan. Perjalanan apakah itu ke luar negeri atau perjalanan beberapa hari ke luar kota tentunya akan menemukan tempat-tempat baru dan orang-orang dan adat istiadat yang unik. Semuanya akan menjadi inspirasi terbaik untuk menulis. 

15.Agama. Kita bisa mempelajari beberapa tulisan yang berasal dari ajaran agama. Tidak hanya Kristen dan Yahudi, tetapi Islam, Hindu, Budha, atau bahkan aliran kepercayaan juga animisme. Walau kita tidak  seorang ahli di salah satu agama-agama ini, tapi kita dapat mengambil ide tulisan dengan ajaran, prinsip, pandangan hidup dan hal-hal lain dari mereka.

16. Mimpi. Mimpi yang menjadi bunga tidur bisa menjadi inspirasi untuk menulis.  Kita bisa menuliskan apa yang dapat kita ingat ketika bangun. Biasanya cerita tentang mimpi dapat dilukiskan di awal tulisan dengan menarik. Selanjutnya bisa dikemas ke topik yang lain yang berhubungan dengan mimpi.

17. Puisi. Bagaimana puisi bisa menginspirasi ? Melalui keindahan dan aliran dan gaya dan penggunaan ritme dan bermain kata-kata.

18. Kisah sukses. Membaca segala macam kisah sukses dari orang-orang selalu menjadi hal yang sangat menarik. Bagaimanapun itu, setiap kisah sukses bisa mendorong kita untuk menulis. Kita bisa mengambil inspirasi dari prinsip hidupnya, semangatnya, tantangannya. Segalanya bisa kita kemas dalam tulisan menarik.


19.Memperhatikan orang-orang. Ini adalah kegiatan yang menarik bagi penulis apapun.Pergi ke tempat umum yang sibuk dan hanya duduk dan menonton orang. Mereka akan menghibur, menginspirasi, dan mempesona kita. Tidak ada yang lebih menginspirasi daripada aktivitas kemanusiaan.

20. Jalan raya. Saat berkendara di jalan raya, kita bisa melihat rambu lalu-lintas, polisi yang razia, sikap para pengendara, suasana macet, pelanggaran lalu-lintas, hingga jejeran para pedagang asongan. Semuanya ini bisa menginspirasi untuk menghasilkan tema tulisan.

image: http://www.wikihow.com/


email: piter_centre{at}yahoo.com

No comments:

Blog Archive