Tulisan Terbaru

Sejarah Patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro

Patung Kristus Penebus (Christ the Redeemer ) yang terletak di Rio de Janeiro Brasil yang hingga saat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan adalah sebagai simbol Kristen negara dan lambang kedamaian rakyat Brazil. Patung ini terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern. 

Sejarah pembangunan patung ini dimulai pada abad XVI dengan memilih puncak Corcovado sebagai tempat peletakan patung karena puncak tersebut menyerupai punuk atau bungkuk serta terlihat dari berbagai sudut kota-kota di Brazil. Pada tahun 1922, pada hari kemerdekaan Brasil rencana pekerjaan patung dimulai dengan kempanye besar-besaran dalam penggalangan dana nasional untuk pekerjaan ini. Akhirnya pada tahun 1927, pembangunan patung itu dimulai. Desain akhir dari monumen itu ditulis oleh seniman Carlos Oswald baik dan Pematung Perancis Paul Landowski ditempatkan bertugas melaksanakan patung. 

Semua bahan yang diperlukan serta tenaga kerja  yang berpartisipasi dalam pembangunan patung Kristus diangkut ke Corcovado oleh kereta api yang menghubungkan jalan Cosme Velha, yang saat ini berfungsi sebagai kereta wisata ke atas. Inilah kereta api pertama yang bekerja dengan tenaga listrik di Brazil.

Patung Kristus Penebus ini terbuat dari beton bertulang dan soapstone. Tingginya 38 meter (120 kaki) (termasuk alas), berat 700 ton, dan terletak di puncak dari 709 meter (2.300 kaki) Corcovado gunung di Taman Nasional Hutan Tijuca menghadap kota . Ini adalah yang tertinggi dari jenisnya di dunia.

Tanggal 12 Oktober 1931, patung ini selesai dan diresmikan. Sampai saat ini, proses pembangunannya tetap diutamakan seperti pemasangan lampu-lampu di sekitar patung, pembangunan lift panorama serta penambahan tangga bermotor untuk mengatasi kesulitan bagi orang tua dan orang difable, karena  diperlukan 220 langkah untuk sampai ke puncak. Pembangunannya berlangsung sekitar lima tahun.

Blog Archive