Tulisan Terbaru

PAHA TEBAL BISA MEMPERPANJANG USIA?

Para peneliti di Oxford University mengatakan bahwa beberapa kilo tambahan lemak di pinggul, bokong, dan paha bisa membuat kita tetap sehat. Pertambahan lemak di daerah tersebut akan mampu melindungi tubuh terhadap diabetes dan penyakit jantung. Tetapi harus bisa dijaga agar pertambahan itu jangan sampai menyebar ke sekitar pinggang dan perut, karena justru akan mengakibatkan masalah kesehatan. Konstantinos Manolopoulos, salah satu dari tiga ilmuwan di belakang penelitian yang telah diterbitkan dalam International Journal of Obesity itu mengatakan "Lemak sekitar pinggul dan paha masih  baik untuk kesehatan, tapi di sekitar perut atau pinggang akan membawa efek yang buruk."

Menurut mereka meskipun lemak di sekitar paha dan bokong bisa menyebabkan lebih sulit bergerak, tetapi hal itu dapat melepaskan hormon-hormon yang bermanfaat melindungi arteri dan membantu pengendalian gula darah. Sebaliknya jika timbunan lemak berada di sekitar pinggang atau perut akan cenderung melepaskan asam lemak berbahaya ke dalam tubuh, selain itu lemak perut juga akan mengeluarkan molekul yang disebut sitokin yang memicu peradangan dan bisa meningkatkan resiko diabetes dan penyakit jantung.


Penelitian lain yang diterbitkan dalam edisi British Medical Journal, juga mengungkapkan bahwa lingkar paha dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan kematian dini. Berdasarkan studi terhadap sekitar  2.800 pria dan wanita dengan usia rata-rata sekitar 50, ditemukan bahwa risiko penyakit jantung lebih besar  dua kali lipat untuk yang memiliki lingkar paha kurang dari 55 cm (22 inci). Sedangkan dengan ukuran paha antara 55 dan 60 cm (22 dan 24 inci) masih memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung.

Jika melihat hasil penelitian tersebut, berarti semakin banyak lemak di sekitar paha,bokong atau pinggul masih lebih baik, asalkan perut dan pinggang dijaga tetap langsing. Artinya bentuk 'buah pir' jauh lebih baik daripada menjadi 'apel gemuk’. "Sayangnya, siapkah kita membuat paha berlemak dan tebal sementara perut langsing?



10 comments:

reni said...

Jadi gak apa-2 nih paha tebal ? bener-2 bisa memperpanjang usia ? hehehe

Rijaningrum said...

Paha tebal?? Wah tu orang mesti siap mental sob kalo punya paha tebal gitu...

lina@women's perspectives said...

Info ini sangat menarik Bang, oke banget...
Saya sih siap2 aja punya paha tebal, suami ngga pernah komplain kok, hehehe.

Bintang said...

hehehehe...kayak gimana sih bentuk paha tebal tuh...???...

semutbengkok said...

waaa paha saya kecil?? umur saya gak panjang dong??? ahh pasrah ma takdir aja dah hehe

semutbengkok said...

paha gw kecil ne!!

JamboRujak said...

hahahahaha yang betol ni sob?

Rizkyzone said...

g tau deh sob soal ini, sip deh intikelnya

Blogger said...

wah yang punya paha kecil mesti gedein paha nech...haha...salam sukses sobat

RifkyMedia™ said...

wah gitu ya...ada temenku suka merokok (mengurangi usia) tapi paha nya tebal berarti...hmmm hehehehehe

Blog Archive