Tulisan Terbaru

Mampukah Google+ "Menendang" Facebook?

Sebagai mesin pencari terkuat dan paling disukai masyarakat netter dunia saat ini, Google tak henti-hentinya menciptakan inovasi dan mengembangkan berbagai layanan untuk tetap mempertahankan rasa cinta dan kesetiaan para penggunanya.

Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini  Google telah meluncurkan sebuah situs jejaring sosial baru yang diberi nama Google+. Rencananya layanan baru ini akan  dipersiapkan “menendang” Facebook.

Hampir sama dengan facebook, Google+  memungkinkan penggunanya bisa saling berbagi foto, kirim pesan, saling komentar serta memfasilitasi setiap user akses ke Google Map dan Google Image. Salah satu ciri khas yang membedakannya dengan facebook adalah layanan  Google Video Chat dimana para pengguna bisa saling  menampakkan diri sekaligus berbicara.

Jika user memiliki akun Gmail atau akun Google lainnya seperti Google Docs, Google Calendar, dan lain-lain, si user  dapat mengimpor semua informasi ke Google + termasuk album-album di Picassa web. Bahkan setiap foto dan video yang kita upload ke Google + tidak ada batasan, baik jumlah album, foto, atau ukuran file. 

Fitur lainnya adalah bahwa Google+ menyediakan halaman "About Me" yang memuat data diri pengguna seperti tempat tinggal,  jenis kelamin, dan aneka info lainnya. Google mengklaim bahwa Google + sangat user friendly, sederhana dan mudah dipakai.

Untuk saat ini, jaringan baru Google+ ini masih belum bisa diakses secara bebas tetapi harus menunggu undangan dari pihak Google. Seseorang yang ingin mengakses proyek ini, cukup hanya dengan mengirimkan Nama dan alamat email. Itu pun masih dalam bentuk "trial" dengan layanan terbatas.Untuk mengakses Google+  cukup dengan memasukkan alamat  Gmail (yang tentunya harus memiliki undangan resmii).

Mampukah Google + menggeser ketenaran Facebook?
Melihat dari banyaknya pengguna Facebook yang hampir 500 juta dimana seluruh usernya telah terbiasa, terlanjur cinta dan mumpuni dalam mengutak-atik halaman facebooknya, sepertinya Google + harus bekerja ekstra keras menyebar dan mengimprovisasi layanan ini agar mampu menggeser facebook. Jika tidak, nasibnya akan sama dengan layanan Google Wave dan Google Buzz yang sudah lebih dulu gagal ketika diciptakan menyaingi Facebook. 

2 comments:

Study in UK said...

It’s glad to see good information being convey. Its a very nice written, and i really like these blog. Thanks for the info.

Tips Internet said...

hmm.. google wave dan google buzz yg direncanakan berkonsep jejaring sosial.. ga mampu mengalahkan dominasi fb..
tp kali ini..begitu banyak diberitakan media yg bilang "facebook killer" yaitu google +
dan tentunya dengan beragam fitur yg lebih menarik.. otomatis bakalan menjadi ancaman serius utk fb..
mungkin facebook bakalan bernasib seperti myspace dan friendster

Blog Archive