Tulisan Terbaru

ACADEMY AWARDS 2010, KATHRYN BIGELOW CATAT SEJARAH

Academy Awards 2010 akhirnya digelar. Setelah ditunggu berminggu-minggu, puluhan aktor dan aktris top dunia pada hari Senin (8/3/2010) hadir di  Kodak Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. Mereka siap menerima berbagai penghargaan/nominasi atas karya mereka dalam kancah perfilman dunia.

Seperti biasa, pengumuman pemenang Piala Oscar akan mencuri perhatian masyarakat dunia. Kenapa tidak, ajang ini akan menampilkan celebritis Hollywood yang terkenal cantik dan sexy. Ajang ini juga menunjukkan betapa indutri perfilman Hollywood menjadi terbesar di dunia dan tumpuan akhir para artis top dunia.

Satu yang sangat istimewa dalam acara Academy Awards 2010 ini adalah terpilihnya Kathryn Bigelow  sebagai perempuan pertama yang menggondol sutradara terbaik ( Best Director), sejak ajang ini diluncurkan 82 tahun yang lalu. Ia menyisihkan sutradara hebat lainnya termasuk mantan suaminya James Cameron si pencipta Avatar.

Lewat film ke-14 nya,'The Hurt Locker,' perempuan dengan tinggi 182 cm dan jago melukis itu kini berhasil
meraih 6 Oscar,  yakni sebagai Best Picture, Best Director, Best Film Editing, Best Sound Editing, Best Original Screenplay, dan Best Sound Mixing dan menjadikannya Film Terbaik Oscar 2010.

Sebelumnya selama perhelatan Academy Awards yang telah berusia 82 tahun ini, hanya ada tiga sutradara perempuan yang “hanya” berhasil masuk nominasi Oscar. Mereka adalah, Lina Wertmueller (Seven Beauties, 1976), Jane Campion (The Piano, 1993) dan Sofia Coppola (Lost In Translation, 2003).

Dengan kemenangan ini, Kathryn Bigelow menjadi seorang yang berhasil mengukir sejarah di ajang Academy Awards, dan berhasil memenuhi impian ketiga sesepuhnya itu.
image:http://img.metro.co.uk

3 comments:

the others... said...

Kemenangan Kathryn Bigelow layak dicatat.. karena bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan..!
Salut buat Kathryn...

lina@women's perspectives said...

Kok saya ikut seneng ya dengan kemenangan Kathryn Bigelow, jadi pingin lihat filmnya juga (Hurt Locker). Mudah2an bukan karena tanggal 8 kemarin International Women's Day ya...

ajie said...

sip

Blog Archive