Tulisan Terbaru

BLOGER SEORANG CITIZEN JOURNALIST?

Berbicara tentang blog, media yang satu ini  sudah trend dikalangan orang-orang yang gemar menulis. Fasilitas gratis ini dijadikan tempat menuangkan segala uneg-uneg, menuliskan informasi terkini,  sampai membahas informasi selebritis, dan blog juga dijadikan sebagai tempat mengungkapan puisi.  Banyak juga yang menggunakan blog sebagai toko online sambil memberikan tips berbelanja online dan seabrek info lainnya.

Para blogger (istilah bagi seseorang yang memiliki blog) dapat menuangkan segala isi pikiran dengan cepat di blognya. Sesaat setelah tulisan selesai, blognya langsung dionlinekan dan tulisannya bisa dinikmati pembaca. Walau kaidah penulisan sering lari dari jalur dan tata bahasanya juga kacau, mereka dengan gaya tersendiri tetap  percaya diri dalam menulis.
Dapatkah seorang blogger dikatakan Citizen Journalist? Hal ini mungkin memiliki jawaban yang berbeda.

Jika dilihat dari defenisinya, Citizen Journalist adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. 

Dari pengertian  di atas, seorang Citizen Journalist berarti bisa menyampaikan informasi  atau berita apa saja dan disampaikan melalui media apapun.  Seorang  Citizen Journalist bahkan bisa menyampaikan informasi secara lisan. Apalagi tulisan.

Dalam menulis,  para Citizen Journalist tidak terfokus hanya melalui media offline saja, tetapi  juga secara online. Saat ini banyak layanan online yang dapat menampung  informasi mereka, seperti netsains.com atau HOKI.  Bahkan seorang Citizen Journalist  bisa menjadi seorang bloger dengan memiliki blog pribadi sebagai tempat penyampaian informasinya.
Kembali ke judul postingan, Bloger seorang Citizen Journalist?

4 comments:

Dhana/戴安娜 said...

greeting for you
ouw i know te..his just here after he..he ..btw what you tell its realy make me getting info,can you tell me detail how to be good citizen journalst thnxs n good luck

Notes Me said...

dr dulu pengen banget jadi citizen journalist
tp permasalahannya aku ga pinter nulis
kl aku nulis pake bahasaku bahasa org batak yang terkadang kedengarannya kasar wkwkkwkw



btw salam kenal laek

masbeken said...

menurutku sih... Termasuk mas. Tapi batasan pengertiannya masih kurang jelas. (but, sebagian besar merujuk pada kata TERMASUK) he he..

alasannya: Sebagian BESAR blogger kan pasti menuliskan suatu informasi, baik tentang dirinya sendiri, lingkungannya, ataupun orang lain (beserta lingkungan orang lain itu).

Nah, merujuk dari pengertian Citizen Journalist kan "seseorang yang memberikan informasi", jadi blogger ya termasuk citizen journalist. :)

salam kenal mas!

lina@happy family said...

seorang blogger yang berkualitas (seperti Bang Piter) tentu masuk kriteria sebagai citizen journalist...

Blog Archive