Tulisan Terbaru

Menunggu Hasil Terbaik


Pemilihan Presiden Indonesia baru saja selesai! Perdebatan dan ngotot-ngototan selama masa kampanye Pilpres juga telah selesai. Saat ini kita tinggal menunggu hasil resmi KPU mengumumkan siapa pemenangnya. Siapapun nantinya yang terpilih baik pasangan Jokowi -JK atau Prabowo – Hatta kita mengharapkan mampu membawa Negeri ini ke puncak prestasi yang menakjubkan di segala bidang.

Sebagai masyarakat yang rindu akan kedamaian dan rindu melihat prestasi negeri  ini, sungguh sangat baik kita menahan diri. Tidak ada gunanya ngotot-ngototan, saling adu opini, dan mengklaim diri jadi pemenang dan jangan tertipu dan saling menyebar informasi yang tidak jelas hanya oleh hasil quick count.

Saat ini kita bisa melihat adu argumen baik itu di sosial media, TV, radio, koran dan berbagai harian online tentang hasil quick count yang tidak seragam.  Satu sama lain saling mengklaim kemenangannya. Siapa sebenarnya yang menang? Tidak tahu! Walau saat ini secara mayoritas hasil quick count menyatakan Jokowi-Jk menang, belum tentu! Demikian dengan pihak pasangan Prabowo-Hatta, mereka juga belum tentu menang. Pengumuman kemenangan itu hanya ada di tangan KPU tanggal 22 Juli 2014 nanti. Pun demikian kita kog masih tetap saja saling mengklaim.

Dalam kehidupan sehari-hari perdebatan seperti ini sering kita alami. Baik dalam pertemanan atau keluarga. Belum ada sebuah hasil/kesimpulan, namun kita sudah keburu saling menyalahkan dan mengklaim diri di pihak yang benar. Padahal segala sesuatu jika ada masalah diperlukan sikap dan pemikiran untuk menganalisanya. Bila perlu dilakukan pengumpulan data, lakukan hipotesa (dugaan) bahkan bila perlu lakukan eksperimen-eksperimen sehingga diperoleh sebuah kesimpulan.

Jika sudah ada kesimpulan baru kita siap bersikap. Jangan membiarkan diri saling mengumpat padahal hasil yang diperoleh belum final dan belum disimpulkan. So, mari tetap cool, calm and confidence untuk sebuah hasil terbaik. Merdeka!

image: www.keepcalm-o-matic.co.uk

No comments:

Blog Archive