Tulisan Terbaru

Gol Semata Wayang Mario Goetze Bawa Jerman Juara Dunia 2014


Laga Final Piala dunia 2014 yang dilangsungkan di Stadion Maracana Rio de Janeiro Brasil menjadi saksi kemenangan tim Eropa (Jerman)  yang berhasil menjuarai Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Argentina 1-0 di daratan Amerika Latin. Gol ini dilesakkan oleh pemain pengganti bernomor punggung 19, Mario Goetze pada perpanjangan 2x15 menit tepatnya di menit ke-114. Inilah gol semata wayang yang membawa Jerman Juara Dunia 2014.

Selama perhelatan Piala Dunia, ini adalah gelar ke-4 bagi Jerman setelah sebelumnya menjuarai piala dunia pada tahun 1954, 1974 dan 1990. Sebelumnya kedua tim sudah dua kali bertemu di ajang Piala Dunia yakni tahun 1986 di Mexico  dan 1990 di Italia. Pada final piala dunia 1986, Argentina memenangi pertandingan dengan skor 3-2. Tahun 1990 Jerman membalas kekalahan itu dengan skor 1-0.

Laga final yang berlangsung Senin, 14 Juli 2014 jam 2.00 WIB dini hari, kedua tim berambisi untuk saling menang yang membuat pertandingan berlangsung sangat ketat dan menarik.  Di menit awal kedua tim sudah saling menyerang terutama  tim Jerman yang tampak melakukan tekanan. Namun kemudian Argentina mampu keluar dari tekanan dan balik melakukan serangan yang dimotori oleh Lionel Messi dan Gonzalo Higuain.

Hasil serangan Argentina sempat mengejutkan penonton. Pendukung Argentina sempat bersorak ketika Gonzalo Higuain mencetak gol pada menit ke-28. Sayangnya  wasit menganulir gol tersebut karena Higuain pada posisi off-side. Serangan berbalik, Andre Schuerrle mengancam gawang Argentina di menit ke-37 namun dengan sigap penjaga gawang Sergio Romero memblok tendangan tersebut. Pertandingan berakhir dengan skor 0-0 hingga turun minum.

Babak kedua terjadi pergantian pemain dimana Sergio Aquero dimasukkan untuk mempertajam serangan. Kemudian Higuain juga ditarik keluar digantikan oleh Palacio. Jerman hanya memasukkan Mario Goetze pada menit ke-88 untuk menggantikan Miroslav Klose. Kedua tim saling menyerang dan tetap konsentrasi menjaga pertahanan. Namun kedaan tidak berubah 0-0 hingga waktu normal berakhir.  Pertandingan pun harus dilanjutkan melalui perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Extra time babak pertama kedua tim tetap bermain tanpa hasil. Akhirnya stadion Maracana menggemuruh dan kebuntuan pun  terpecahkan ketika pemain pengganti, Mario Goetze mampu melesakkan bola ke sudut kiri gawang Romero. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Jerman dan bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Selain meraih juara, penjaga gawang Jerman Manuel Neuer menjadi penjaga gawang terbaik dengan meraih penghargaan sarung tangah emas. Lionel Messi mendapatkan bola emas sebagai pemain terbaik. Sedangkan Tim Kolombia menjadi tim terbaik dan sepatu emas diberikan kepada James Rodriguez sebagai pencetak gol terbanyak yakni 6 gol. Juara ketiga Piala Dunia 2014 ditempati tim oranye Belanda yang mengalahkan Brasil 3-0. Sampai jumpa di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

No comments:

Blog Archive