Tulisan Terbaru

Bangkit dari Keterpurukan


Partai Semifinal Piala Dunia 2014 antara Jerman vs Brazil sungguh diluar dugaan. Diseparoh pertandingan, Jerman telah unggul dan menggilas Tim samba Brazil 5-0. Permainan bola pendek dengan sentuhan akurat yang selama ini diperagakan Brazil tidak berjalan dengan baik. Justru Jerman yang “mencuri” gaya itu. Gol yang diciptakan Muller dan kawan-kawan pun bukan karena tendangan-tendangan keras dan jauh tetapi dengan kecepatan biasa saja namun tepat, akurat dan fokus. Ya, dalam  sepak bola bahwa sebuah gol tercipta bukan karena kerasnya tendangan atau karena kekuatan otot. Cukup dengan sentuhan yang tepat, fokus dan terarah dengan perhitungan yang matang.

Melihat hasil pertandingan tersebut, tidak ada yang menduga sama sekali. Brazil yang merupakan gudang pesepakbola international ternyata tidak mampu menahan Jerman. Namun itulah bola. Bentuknya yang bundar itu membuat kita sulit memprediksi siapa yang bakal menang/kalah. Di atas kertas sih kita sudah bisa menebak siapa yang menang. Kenyataannya? Di lapangan berbeda! Yang pasti hasil tersebut semakin menyadarkan kita betapa pentingnya kerjasaama sebuah tim, bagaimana menjaga emosi, dan bagaimana mental itu bisa dikontrol.

Dalam aktivitas sehari-hari, kejadian seperti ini sering kita hadapi. Peluang  besar yang secara teoritis menjadi  milik kita bisa hilang dan terbang melayang. Ini bisa saja diakibatkan kelalaian, kurang hati-hati, dan melupakan strategi/inovasi untuk meraihnya. Kita kadang terlupa bahwa diluar sana sudah banyak yang mengincarnya dengan aneka strategi/inovasi yang dimiliki. Kita lihat saja Tim Jerman, mereka justru menggunakan strategi bola pendek dan akurat yang selama ini dipraktekkan Tim Brazil.

Namun begitulah. Saat semuanya sudah terjadi kita baru tersadar akan hasil yang kurang memuaskan. Kita menjadi kecewa bahkan bagi sebagian orang akan dirundung kesedihan yang mendalam.

Namun apapun hasilnya, pertandingan yang kita jalani dalam hidup tidak selamanya membuahkan hasil buruk. Masih banyak peluang, masih banyak waktu untuk bangkit. Bagi sobat pembaca yang saat ini mengalami hal yang sama dengan tim Brazil, inilah saaatnya untuk mencari kekuatan bangkit dari keterpurukan.

image: lynstyle17.wordpress.com

No comments:

Blog Archive