Tulisan Terbaru

INSPIRASI


“You can't wait for inspiration" Anda pernah mendengar kalimat ini bukan?Yang  namanya inspirasi kadang-kadang sulit tercipta. Banyak orang bilang kalau inspirasi ini datangnya secara serta merta dan banyak juga bilang inspirasi ini lahir hanya jika kita mencarinya. Kedua pendapat tersebut sah-sah saja sepanjang itu reasonable. Dalam mencari inspirasi tentunya setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Pergi kemana saja atau menggunakan media apa saja atau bahkan dengan cara-cara ekstrim-pun orang sering melakukannya demi sebuah inspirasi. Postingan ini mungkin bisa membantu Anda mencari sumber inspirasi yang bisa dituangkan dalam bentuk apa saja. Khusus kepada para blogger, tentunya hal termudah adalah dengan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Mari kita simak:
  1. Sumber – sumber bacaan. Anda bisa menemukan inspirasi dari berbagai sumber bacaan seperti buku, koran, majalah, tabloid atau blognya teman-teman. Dengan membaca isi tulisan, kita bisa menganalisis, menganalisa peran atau riwayat pelaku, hingga bagaimana sebuah tulisan atau cerita diakhiri.
  2. Mendengar dan melihat . Ketika berada dimana saja, sedang berdiskusi,sedang menonton, sedang berada di sebuah pesta atau tempat ramai, biasakanlah untuk selalu mendengar dan melihat keadaan sekitar. Jika Anda kebetulan mendengar potongan dialog yang menarik, ini bisa anda kembangkan dalam sebuah tulisan. Atau ketika Anda sedang menonton film atau apa saja, sebuah dialog atau peran bisa saja menarik perhatian Anda, secepatnya tuangkan dalam secari kertas.
  3. Gambar. Jika Anda kebetulan melihat image unik, klasik, romantic, atau image seram di berbagai media atau internet, Anda bisa menjadikannya sebagai wallpaper. Inspirasi akan muncul ketika kita mengamati dan mencoba melihat makna yang terkandung dalam image tersebut.
  4. Quota atau Kutipan. Kutipan-kutipan juga bisa melahirkan ide bagi kita, seperti kutipan wise word, peribahasa, hingga kutipan-kutipan humor. Dari kutipan ini bisa kita kembangkan menjadi sebuah ide untuk menulis.
  5. Alam. Berjalan-jalan di sekitar rumah dan menghargai keindahan di sekitar Anda, atau melakukan travelling  sambil menikmati rerumputan,pepohonan, ladang-ladang dan perbukitan, genangan air, hujan, melihat matahari terbenam dan matahari terbit, tentu saja akan mengalirkan sebuah inspirasi yang begitu indah.
  6. Sejarah. Orang-orang hebat atau orang-orang tertindas dalam sejarah dapat mengilhami Anda untuk melahirkan inspirasi.
  7. Pengalaman. Pengalaman-pengalaman anda dimasa lalu atau saat ini bisa menjadi sumber inspirasi, apalagi jika anda pernah mengalami hal-hal terlucu, hal-hal teromantis, hingga hal-hal menyedihkan yang pernah anda alamai.
  8. Agama. Agama apapun yang kita anut, semuanya akan bisa membawa inspirasi bagi kita terutama dengan ajaran-ajaran yang selalu menjadi panutan bagi kita. Bahkan kita bisa mengambil inspirasi dari sejarah dewa-dewa atau kerajaan-kerajaan kuno yang pernah dibahas.
  9. Mimpi. Anda pernah bermimpi bukan? Kadang-kadang mimpi itu bisa seperti cerita yang terartur dan bisa diingat hingga kita terbangun. Jika anda pernah mengalaminya, inilah sumber inspirasi yang baik.
 Ok sobat..Masih ada yang lain sebagai sumber inspirasi? Kasih masukan di komen ya..

3 comments:

rumah blogger said...

benar bro, inspirasi itu bisa juga muncul ketika lagi melamun atau lagi mau tidur. saya sering lho pada saat akan tidur timbul inspirasi, hehehee

Sabirinnet said...

inspirasi memang banyak dari sumber2 seperti yg mas katakan, sip sekali sharenya. sukses terus yaa

reni said...

Inspirasi memang dapat bersumber dari mana saja ya... hanya kadang-2 rasa malas menyebabkan inspirasi itu tak 'berlanjut'

Blog Archive