Tulisan Terbaru

Prioritas Dalam Hidup


Cerita motivasi atau cerita inspirasi sering membuat kita berubah menjadi lebih baik dan semangat pun bisa berputar 180 derajat menjadi seseorang yang dinamis, berpikiran positif, dan siap menghadapi tantangan. Yuk, kembali kita ikuti kembali cerita motivasi berikut yang diterjemahkan dari academictips.org.

Seorang profesor filsafat berdiri di depan kelas dengan beberapa bahan praktek di atas mejanya. Saat kelas dimulai, ia mengambil toples besar dan kosong lalu mengisinya dengan batu-batu yang berdiameter  sekitar 2 inchi.

Profesor bertanya ke siswanya  apakah toples itu sudah penuh. Siswa serempak mengatakan belum. Kemudian profesor mengambil sekotak batu kerikil dan menuangkannya ke dalam toples. Dia mengguncang toples dengan perlahan. Kerikil-kerikil itu pun masuk di ruang-ruang kosong diantara bebatuan.

Profesor pun bertanya lagi ke siswanya apakah toples itu sudah penuh. Siswa serempak mengatakan hampir penuh. Lalu profesor mengambil sekotak pasir dan menuangkannya ke dalam toples. Tentu saja, pasir menyusup dan mengisi ruang-ruang kosong diantara kerikil dan batu dan mengisi semua ruang tersisa dari toples. Para siswa menjawab “ya” ketika Profesor bertanya lagi apakah toples itu sudah terisi penuh.
Selanjutnya profesor meneruskan kuliahnya.  "Sekarang saya ingin Anda untuk mengenali bahwa toples ini ibarat mewakili kehidupanmu. Batu-batu besar dalam toples ini adalah hal-hal terpenting dalam hidupmu. Hal terpenting dalam hidup misalnya, keluarga, pasangan, kesehatan, atau anak-anak Anda. Kerikil-kerikil kecil ini adalah hal-hal lain yang penting. Seperti  pekerjaan, rumah, mobil, perhiasan Anda. Sedangkan pasir adalah hal lainnya selain yang di atas. Ia merupakan hal-hal kecil dalam kehidupanmu.”

"Jika Anda mengisi toples dengan pasir lebih dulu," lanjutnya, "tidak akan ada ruang untuk kerikil atau batu-batu. Hal yang sama berlaku untuk hidup Anda. Jika Anda menghabiskan seluruh waktu dan energi Anda pada hal-hal kecil, Anda tidak akan pernah memiliki ruang untuk hal-hal yang penting bagi Anda. Padahal yang membuat Anda bahagia bukanlah hal-hal kecil, melainkan hal-hal penting.  

Jadi, isilah kehidupanmu dengan “batu-batu” yang merupakan hal terpenting bagi hidupmu. Lalu isi dengan hal-hal penting lainnya (kerikil). Lalu yang terakhir isilah dengan pasir. 

Prioritaskanlah hal yang terpenting bagi hidup. Sisanya isi dengan hal-hal kecil.

image: barbaratalley.me


No comments:

Blog Archive