Tulisan Terbaru

Bunga Mekar di Sisi Lain


Wanita muda nan cantik itu selalu bangga dan merawat aneka bunga yang ia tanam di pekarangan di samping rumahnya. Dulu ia tinggal bersama neneknya yang saat ini telah tiada. Neneknya  selalu mengajarinya untuk mencintai dan merawat bunga-bunga itu sebagai lambang cinta dan damai.

Suatu hari sambil melihat-lihat buku katalog bunga, wanita itu melihat gambar bunga yang sangat menarik perhatiannya. Dari beberapa jenis bunga yang ia miliki saat ini, jenis bunga di katalog itu belum pernah ia lihat sebelumnya. Apalagi gambar tersebut menunjukkan bunga yang mekar dan mempesona. “ Saya harus memilikinya," katanya pada dirinya sendiri. Lalu ia membeli bibit bunga itu.

Sambil menunggu bunga diantar ke rumahnya, ia mempersiapkan tempat untuk menanam bunga yang indah itu. Ketika bunga telah sampai, wanita itu pun menanamnya di tanah dekat dengan dinding batu di samping rumahnya. Bunga itu ia rawat dengan semangat. Setiap hari ia merawat dengan menyiram sambil mencabut rumput liar di sekelilingnya. Bunga itu pun tumbuh dengan subur dengan dedaunan hijau yang segar.

Hari demi hari bunga itu tumbuh dengan baik tapi tidak pernah berbunga seperti yang ada di katalog. Ia tetap berusaha merawat dengan memberi pupuk, menyiram, bahkan berbicara sendiri ke bunga itu agar ia mengeluarkan bunga indah nan mekar. Tapi tidak berhasil!

Suatu hari tepatnya waktu pagi di hari Minggu, wanita itu berdiri menatap bunga. Ia merenung dan  betapa kecewanya kenapa tanamannya belum berbunga.  Dia bahkan sudah bertekad untuk mencabut dan membuangnya dan lebih baik menggantinya dengan tanaman lain.

Ketika hendak memotongnya, tiba-tiba tetangganya yang selama ini menderita cacat akibat tabrakan, menyapanya melalui pagar depan rumahnya. "Terima kasih banyak, betapa aku sangat  menikmati indahnya warna bunga yang tumbuh  mekar dari pohon yang Anda tanam. Tanpa pikir panjang, wanita itu langsung keluar pagar dan melihat ke arah halaman tetangganya. Dia melihat bahwa bunga yang ia tanam tumbuh dengan subur dan berbunga mekar dengan warna yang sangat  indah.

Ternyata selama ini akar bunganya merayap melalui celah-celah dan tumbuh dengan suburnya bahkan menghasilkan bunga nan mekar  di sisi lain yakni di halaman tetangganya. Wanita itu tersenyum dan gembira. Itulah bunga yang paling indah yang pernah dilihatnya.

Dalam hidup yang kita jalani, kita sering merasakan bahwa segala yang kita tanam atau kerjakan kadang tidak menghasilkan yang baik. Namun bukan berarti bahwa itu tidak berbuah. Bunga itupun memberi keharuman, keindahan serta cinta dan kedamaian bagi penghuni di sisi lain.

image:http://misadventuresofmrsb.com/


No comments:

Blog Archive