Tulisan Terbaru

Menggapai Popularitas


Seperti biasa, aktivitas sehari-hari  rasanya tidak lengkap kalau tidak membaca. Sebagai seorang blogger dan kolumnis di sebuah surat kabar harian, bagi saya kegiatan membaca sangat penting sebagai  bahan tulisan yang nantinya diramu menjadi tulisan yang bermanfaat bagi pembaca.

Demikian dengan malam ini, sambil menunggu siaran langsung Piala Dunia 2014, iseng-iseng saya membaca buku karangan Supadiyanto berjudul Berburu Honor dengan Artikel.  Saya tertarik pada isi buku dengan subjudul “menggapai Popularitas”.  Beliau menjelaskan bahwa jika ingin cepat populer atau terkenal jadilah seorang penulis. Pameo yang menyatakan “jalan pintas agar seseorang cepat terkenal (populer) yakni dengan menjadi penulis” ada benarnya.  Jika pula seseorang itu bukan seorang konglomerat, pejabat, artis, pemain sepakbola terkenal, atau berlatar belakang darah biru namun ingin cepat populer  bergegaslah menjadi penulis.

Dengan menjadi penulis, Anda sangat berpeluang menjadi penulis terkenal dengan tulisan dan gaya yang khas. Tulisan atau opini Anda pun akan selalu ditunggu para pembaca. Kendati  menjadi  penulis tidak menjamin seseorang cepat kaya, namun hal itu akan menjamin  popularitasnya. Kita lihat saja disekitar yang namanya melejit dan sangat populer karena tulisan atau novel yang ditulisnya. Selain kaya mereka juga terkenal.

Pilihan untuk jadi penulis adalah sebuah jalan yang baik dan tidak sia-sia. Dengan menulis, banyak profesi yang bisa diperoleh. Menjadi wartawan (penulis berita), novelis, cerpenis, esais, penulis artikel atau opini (kolumnis), penyair, editor (penyunting berita) atau penulis skenario merupakan profesi yang berhubungan dengan dunia menulis. Profesi ini bisa melejitkan sosok seseorang dalam waktu sekejab dan dikenang.

Hadirnya ratusan surat kabar harian, majalah dan tabloid mingguan dan bulanan, berbagai media elektronik dan berbagai aplikasi e-book di android dan PC yang tersebar di tanah air, menjadi peluang besar bagi setiap penulis untuk siap berkarya dan terkenal.

So, bagi Anda yang ingin cepat populer, belajarlah menjadi seorang penulis!

image: www.cityminded.org


No comments:

Blog Archive