Tulisan Terbaru

SAATNYA "MENJUAL DIRI" LEWAT BLOG


Akhir-akhir ini fenomena ngeblog terus berkembang dan menjadi trend tersendiri terutama bagi kaum remaja dan mahasiswa. Tidak mau ketinggalan, para karyawan, ibu rumah tangga, pebisnis, guru, dosen, hingga politikus pun turut meramaikan dunia blog saat ini. 

Tema yang diangkat dalam blog pun bermacam-macam.  Ada yang berisi postingan (tulisan) santai dan ringan tapi menyegarkan, berisi tips dan trik bisnis, motivasi dan inspirasi, CERPEN dan puisi, sebagai toko online, hingga blog yang membahas politik, ekonomi dan aneka kesenjangan sosial. Bahkan para ibu rumah tangga sudah banyak yang berjualan aneka pakaian dan menjual e-book tentang resep masakan dan pembuatan aneka handycraft melalui blog.

Blog pertama sekali dipopulerkan oleh PyraLab dengan layanan blogger.com, yang  pada awalnya hanya digunakan sebagai media penyaluran hobby menulis dan corat-coret oleh pemiliknya (blogger). Namun sejalan dengan meluasnya akses internet, dunia blog  semakin variatif dan profesional dengan konten-konten bermutu dan  saat ini sudah banyak blogger Indonesia yang mampu meraup dollar dengan menjadikan blog sebagai mesin penghasil uang. 

Namun tak bisa dipungkiri, blog juga sering digunakan sebagai ajang adu pendapat, umpatan, kritik, hinaan, atau yang memuat berbagai Illegal content. Pun demikian, ngeblog tetap diminati dan jumlah blogger terus meningkat sampai sekarang.

Di Indonesia sendiri perkembangan blog  dimulai sekitar tahun 1999  dan terus mengalami perkembangan hingga sekarang. Saat ini sudah banyak blogger mengelola blog pribadinya dengan tulisan-tulisan bermutu sehingga bisa menjadi sumber bacaan yang menarik, cepat, dan bisa dipercaya. 

Melihat perkembangan blog yang begitu pesat dengan segala makna positif yang dibawanya, pemerintah pun  mendukung penuh para blogger dengan menetapkan Hari Blogger Nasional yang diperingati setiap tanggal 27 Oktober. Hari Blogger ini dimaksudkan untuk menggalang komunitas blogger Indonesia menjadi satu visi dan misi membangun bangsa serta menjadi sarana bertemunya para blogger untuk bisa saling berbagi pengalaman dan ilmu yang dimiliki. 

Hari Blogger Nasional pertama dirayakan pada tanggal 27 Oktober 2007 yang dibuka oleh Moh Nuh Menteri Komunikasi dan Informatika saat itu, di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta.  Para blogger dari seluruh Indonesia bertemu untuk pertama kalinya yang  juga mengundang beberapa blogger manca negara. 

Hari Blogger Nasional keempat 27 Oktober 2011 kembali dirayakan. Tema yang diusung dalam perayaan tahun ini adalah  “Ideas Meets Opportunities” dengan mewujudkannya melalui sebuah kegiatan bernama Online I Offline (ON|OFF 2011). 
Kegiatan ini bertujuan mempertemukan para blogger dan aktivis media sosial dengan para investor dan wakil pemerintahan untuk mendukung jiwa bisnis, wirausaha, dan ide-ide kreatif para blogger dan pegiat media sosial yang tentunya membawa dampak terhadap ekonomi kreatif.(Aulia “Ollie” Halimatussadiah,Ketua Panitia ON|OFF 2011).

Melihat tema dan kegiatan ONIOFF 2011 pada peringatan Hari Blogger Nasional tahun ini, inilah saat terbaik bagi kita untuk berani “menjual diri” dengan mempromosikan segala potensi, ide kreatif, inovasi, dan jiwa entrepreneur yang kita miliki melalui blog pribadi sehingga bisa dilirik oleh para investor dan pemerintah dan kesuksesan lewat blog bisa dicapai.

Hal ini bukan tidak beralasan, karena saat ini sudah banyak blogger Indonesia yang sukses dan berhasil menjadi entrepreneur, pembicara, nara sumber, penulis terkenal, pengarang buku dan sukses melakukan monetize blog (menguangkan blog) karena keberanian mempromosikan kemampuan melalui blog pribadinya.
Langkah-langkah  “menjual diri” lewat blog

Dalam proses mempublikasikan segala kemampuan tentunya seseorang harus membuat atau memiliki blog pribadi sebagai sarana promosi sehingga akan lebih dikenal oleh publik. 
Langkah-langkah  awal yang bisa dilakukan adalah,

Pertama, buat blog pribadi. Layanan untuk membuat blog banyak tersedia di internet seperti www.blogger.com,www.wordpress.com, blogdetik, atau multiply. Segera benahi blog dan buat tulisan-tulisan sesuai dengan jiwa dan kemampuan Anda.
Kedua, bergabung dalam sebuah komunitas atau forum. Blog menawarkan sebuah kesempatan kepada penggunanya untuk berkomunikasi langsung kepada pengunjung dan pembaca setia blognya di jaringan komunitas blogger atau forum. Hal ini akan membangun hubungan yang baik dengan orang lain sekaligus berbagi pengetahuan dan keahlian. Dalam komunitas ini kita dapat membranding diri dan promosi tentang kemampuan kita untuk  kemudian “menjualnya” guna mendapatkan penghasilan atau sebuah pekerjaan. 
Ketiga, tunjukkan keahlian di Blog. Jika kita memiliki sebuah hobby atau keahlian, seperti menulis puisi atau CERPEN, tips membuat kue, memanfaatkan barang bekas, menjual produk, atau ahli dalam Web Desaingner dan Web Programing, branding keahlian kita melalui blog dengan menulis setiap hal yang kita kuasai. Dengan demikian orang lain akan mengetahui keahlian kita yang tentunya akan membawa peluang yang sangat besar bagi kita.
Keempat, menjaga kualitas tulisan dan tetap berbagi. “Content is the king”. Istilah ini menunjukkan bagaimana kekuatan sebuah konten atau tulisan-tulisan kita di blog. Banyak blogger yang hanya menulis apa adanya bahkan sering melakukan COPAS (Copy Paste) alias menjiplak karya orang lain. Jangan melakukan hal ini, karena blog akan dinilai tidak berguna dan akan ditinggal pembacanya. Tulislah karya yang orisinil dan bermanfaat dan seringlah berbagi lewat blog dengan orang lain tentang apa saja dan akan membuat Anda semakin dikenal. 
Kelima, tampilkan diri kita sendiri. Pembaca akan merespons positif seorang blogger yang menunjukkan jati dirinya. Mereka merasakan sebuah hubungan ketika mereka berkomunikasi dengan kita satu persatu melalui kementar-komentar yang ada di setiap artikel yang kita tulis di blog. Jadikan suasana dimana mereka seolah-olah berkomunikasi dengan kita sendiri bukan sebuah komputer semata. Kita tidak perlu menuliskan secara detail kisah hidup atau potensi diri, tetapi sisipkan sedikit deskripsi singkat dan upload foto di blog. 
Dengan ulasan sederhana ini,  seorang blogger perlahan dan pasti akan meraih apa yang diimpikan yang tentunya dengan sebuah keberanian menjual segala potensi diri melalui blog pribadinya. Semoga!

Dirgahayu Hari Blogger Nasional  2011!

image: http://www.flickr.com/photos/insightmarketingdesign/4014318453/

No comments:

Blog Archive