Tulisan Terbaru

Menemukan Kebahagiaan Sejati


PieterSilitonga - Dari waktu ke waktu meskipun kita mampu mengatasi berbagai masalah, tetapi selalu saja ada masalah-masalah baru. Masalah – masalah itu bisa berupa persoalan-persoalan  dengan keluarga, dengan pekerjaan, dengan kerabat, dengan teman, masalah bisnis hingga masalah kesehatan. Tidak jarang masalah itu menimbulkan putus asa, cemas, takut, apatis, ketidakpercayaan terhadap orang lain, kemarahan, dan berbagai penyakit.

Kadang kita merasa hidup tak berpihak. Banyak yang mencari jalan pintas dan memilih lari dari masalah dengan caranya sendiri. Namun banyak yang mampu bertahan dan menerima dukungan serta nasihat atau kata-kata bijak dan motivasi dari orang lain. Hal ini mungkin  bisa menjadi penyejuk dan menyadari bahwa hidup itu tak pernah lepas dari masalah.

Memang, selama hidup di dunia kita selalu dihadapkan dengan masalah. Tak pernah lulus! Setiap harinya kita selalu dihadapkan dengan berbagai pelajaran dan ujian yang membutuhkan jawaban. Namun ketika satu ujian terselesaikan, akan kembali lagi dihadapkan dengan pelajaran dan ujian baru. Ujian yang kita hadapi pun tidak sama mudah dan sukarnya. Kadang ujian itu mudah. Namun di hari lain muncul ujian baru yang sangat sulit. Begitulah, selalu berulang-ulang.

Namun satu hal yang mungkin tidak kita sadari, mengapa kita bisa bertahan hingga diusia yang sekarang? Secara fisik dan pikiran kita mungkin sudah tidak sanggup lagi bertahan. Mungkin saja kita sudah didera berbagai penyakit atas berbagai masalah yang terjadi. Bagaimana semuanya bisa teratasi?

Menyadari bahwa hidup adalah pilihan, memilih untuk sengsara atau bahagia, kita tentunya tidak ingin segalanya berakhir dengan sia-sia. Satu hal penting bagi kita adalah bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling berharga. Karena ia diberi budi dan akal. Dengan begitu kita memiliki banyak cara untuk mengatasi berbagai masalah yang mendera. Kita masih  mampu bertindak dan berpikir.

Apapun itu dan dengan cara apapun, mari tetap bersyukur dan berusaha menjadi orang yang lebih baik, lebih peduli, penyabar dan penuh kasih. Dengan demikian kita akan mampu mengatasai berbagai masalah dan menemukan kebahagiaan sejati.(*)

Image: www.quotexite.com


email: piter_centre{at}yahoo.com

No comments:

Blog Archive