Tulisan Terbaru

LOMBA BLOGGING IDOL PEWARTA WARGA HOKI 2012: APA SIH UNTUNGNYA MENJADI PEWARTA WARGA ITU?

Pesatnya pertumbuhan media online seperti situs pewarta warga, sosial media, situs jejaring sosial, dan forum-forum online sekarang ini semakin memudahkan kita memperoleh berbagai informasi penting dan aktual. Media-media online itu telah menjadi sumber informasi tercepat yang bisa diakses kapan dan dimana saja. Selain sebagai sumber informasi, media ini juga menjadi wadah bagi orang-orang yang ingin mengirim aneka berita, opini, video, foto, dan berbagai jenis informasi lainnya.

Segala bentuk informasi yang tersedia di berbagai media online itu umumnya berasal dari kontribusi jurnalis - jurnalis berpengalaman. Mereka telah banyak menghasilkan karya-karya besar dalam dunia jurnalistik. Tulisan yang mereka suguhkan pun sangat menarik dengan gaya bahasa dan penulisan yang unik dan rapi.

Namun demikian, dengan semakin terbukanya ruang kebebasan untuk mengeluarkan pendapat, saat ini sumber berita dalam media itu tidak lagi hanya didominasi para jurnalis-jurnalis berpengalaman. Masyarakat awam pun sudah bisa dan telah banyak memberikan kontribusi terhadap media-media tersebut. Walau mereka tidak pernah mengecap pendidikan jurnalis dengan segala tips dan etika penulisan, tetapi mereka mampu mengirim berita-berita atau opini yang tak kalah menariknya. Mereka inilah yang disebut pewarta warga (citizen journalist).

Dalam menulis berita, seorang pewarta warga juga berperan seperti wartawan yang terjun ke lapangan untuk  mengumpulkan segala informasi yang dibutuhkan. Informasi-informasi itu kemudian dikemas dalam bentuk tulisan yang siap dikirim. Selain mengirim ke media-media online lainnya,  pewarta warga juga banyak yang memiliki blog. Blog pribadi mereka ini juga menjadi media bagi mereka untuk   mempublikasikan berita atau tulisan-tulisannya yang langsung tayang saat itu juga.

Saat ini sudah banyak media yang menyadari pentingnya keberadaan pewarta warga.  Terbukti media-media tersebut telah memberi halaman khusus bagi mereka. Halaman inilah sebagai tempat mempublikasikan segala even, peristiwa, liputan-liputan dan opini-opini atau artikel para pewarta warga.

Namun demikian, disela-sela kesempatan yang diberikan kepada masyarakat untuk menulis dan mengeluarkan pendapat, masih banyak orang yang tidak tertarik dan enggan menekuni aktivitas ini. Selain alasan tulisan atau berita yang dikirim tidak diberi honor, mereka juga menganggap pewarta warga itu hanya menyita waktu. Ada juga yang khawatir bahwa pewarta warga itu penuh resiko saat meliput berita dan bisa-bisa ditangkap karena menyuarakan ketidakadilan seperti yang terjadi di negara lain. Bahkan tidak sedikit beranggapan segala berita yang dikirimkan itu hanya untuk menguntungkan pihak  media bersangkutan. Intinya, mereka menganggap menjadi pewarta warga itu  tidak ada untungnya! 

Melihat tanggapan-tanggapan di atas, ada baiknya kita perlu meninjau  apa sebenarnya faktor-faktor  yang memotivasi seseorang menjadi pewarta warga. Menurut pendapat penulis sendiri, seorang pewarta warga mungkin saja termotivasi untuk lebih mengasah keterampilan menulisnya. Mungkin juga karena hobi. Ada juga yang termotivasi agar namanya semakin dikenal publik sebagai penulis berita atau opini.  Ada yang termotivasi ingin menyuarakan berbagai ketidakadilan yang ia jumpai. Bahkan mungkin juga ada yang termotivasi suatu saat akan memperoleh uang atau honor dari tulisannya.

Sesuai judul tulisan ini, penulis kembali mencoba memberi pendapat bahwa keuntungan sebagai pewarta warga itu sudah pasti ada. Setidaknya ia akan merasa terpuaskan ketika “kata hatinya” bisa dibaca orang lain. Kepuasan batin juga akan didapat dengan adanya pujian melalui komentar-komentar pembaca. Bukan hanya itu saja!  Keuntungan yang lebih besar sebagai pewarta warga itu bisa kita lihat sebagai berikut:

Pertama, seorang pewarta warga akan semakin terlatih dan terampil menulis. Dengan gaya tulisan yang menarik, ia akan mampu mengisi ruang artikel atau opini di berbagai surat kabar atau majalah. Dengan demikian ia akan dikenal dan setiap tulisannya akan dihargai dengan honor.

Kedua, seorang  pewarta warga itu akan selalu memiliki pengetahuan lebih dari orang lain. Karena saat menulis, mereka akan mencari dan membaca sumber informasi sebanyak-banyaknya.

Ketiga, dengan blog yang dimiliki, blognya pun akan semakin terkenal dan banyak penggemar. Inilah kesempatan untuk monetizing blog dengan mengikuti berbagai bisnis online atau menyediakan space iklan di blognya untuk disewa orang lain.

Keempat, seorang pewarta warga itu akan selalu berpikiran tenang dan jauh dari stress. Karena  segala hal yang mengganjal di benaknya bisa dibagikan ke orang lain melalui blog atau media warga lainnya.

Kelima, seorang pewarta warga itu akan selalu disenangi karena  memberikan informasi-informasi penting dan sangat berguna bagi masyarakat.

Keenam, seorang pewarta warga itu bisa menjadi pembicara di berbagai pelatihan atau seminar dengan berbagi pengalaman menulis dan pengalaman-pengalaman menarik lainnya.

Dengan poin-poin di atas, seorang pewarta warga akan berpeluang besar menjadi seorang penulis artikel, penulis buku, pebisnis, pembicara, dan berbagai hal-hal yang menguntungkan. Bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi juga bagi orang lain. Semoga!





No comments:

Blog Archive