Tulisan Terbaru

QUIZ: MENILAI POTENSI ANDA TERHADAP BURNOUT (TEMPRAMEN MARAH)

Untuk menilai tingkat burnout atau proses psikologis yang terbawa karena stress dalam pekerjaan yang mengakibatkan kelelahan emosi dan depersonalisasi (bekerja seperti robot tanpa melibatkan perasaan) mari kita coba jawab pertanyaan berikut:

Instruksi: 
- Skala berikut terdiri dari 11 pertanyaan. 
- Jika Anda sekarang bekerja, gunakan pekerjaan dan jabatan Anda sebagai patokan untuk menjawab. 
- Tidak ada jawaban yang benar atau salah, untuk itu jawablah sesuai dengan keadaan Anda.
- Tandai jawaban Anda dengan melingkari satu angka dari skala berikut :

1 =  Jika anda mengalami beberapa kali dalam setahun.
2 =  Jika anda mengalami setiap bulan.
3 =  Jika anda mengalami beberapa kali dalam setahun.
4 =  Jika anda mengalami setiap minggu.
5 =  Jika anda mengalami beberapa kali dalam seminggu.
6 =  Jika anda mengalami setiap hari.

Pertanyaan :
1) 1     2     3     4     5     6 Saya menjadi orang yang lebih tidak memiliki perasaan terhadap orang lain  sejak saya menerima pekerjaan ini
2) 1     2     3     4     5     6     Saya khawatir bahwa pekerjaan ini membuat saya keras secara emosional. 
3) 1     2     3     4     5     6 Saya tidak benar – benar mengkhawatirkan apa yang terjadi terhadap beberapa orang yang telah membutuhkan saya. 
4) 1     2     3     4     5     6 Saya merasa bahwa orang yang membutuhkan bntuan saya, menyalahkan saya karena beberapa masalah mereka. 
5) 1     2     3     4     5     6 Saya hadapi secara efektif  masalah orang yang membutuhkan bantuan saya. 
6) 1     2     3     4     5     6 Saya merasa mempengaruhi kehidupan orang lain secara positif. 
7) 1     2     3     4     5     6 Saya merasa sangat energik
8) 1     2     3     4     5     6 Saya dengan mudah dapat menciptakan lingkungan yang santai dengan orang yang membutuhkan bantuan saya. 
9) 1     2     3     4     5     6 Saya merasa gembira setelah bekerja secara akrab dengan orang – orang yang membutuhkan bantuan saya. 
10) 1     2     3     4     5     6 Saya telah menyelesaikan banyak hal yang bernilai di dalam pekerjaan ini. 
11) 1     2     3     4     5     6 Di dalam pekerjaan saya, saya hadapi masalah emosional dengan sangat tenang.
----------------------------------------------
                                                   =     Jumlah

Keterangan :
Jumlahkan seluruh angka yang Anda lingkari dan kemudian dibagi dengan angka 11
Setelah hasil diperoleh, maka Anda dapat mengetahui sampai dimana depersonalisasi dan kelelahan emosional Anda berdasarkan angka di bawah.

              1 -  2,99    ------->   Rendah
              3 -  4,99   ------->  Sedang
              5 -  Lebih   ------->  Tinggi

No comments:

Blog Archive