Tulisan Terbaru

INVESTASI EMAS, KAYA DI HARI TUA

Selain sebagai manfaat emosional yang keindahannya selalu bisa dinikmati, ternyata emas juga mempunyai manfaat fungsional yang dapat digunakan sebagai alat investasi.

Dalam sejarah perekonomian dunia, emas sudah dikenal sejak 40 ribu tahun SM. Emas sebagai logam mulia selalu diidentikkan dengan prestise, elegan dan lambang keabadian.

Saat ini banyak peninggalan/warisan dari moyang atau orang tua berupa emas yang berbentuk perhiasan atau batangan. Disadari atau tidak, mereka telah berinvestasi jangka panjang yang membawa manfaat bagi keturunannya.

Melakukan investasi emas saat ini adalah sebuah strategi jitu untuk investasi jangka panjang. Hal ini dikarenakan emas mempunyai karakteristik yang berbeda dari komoditi lainnya, harga emas semakin hari semakin naik, dan emas tidak terpengaruh krisis ekonomi atau inflasi.

Investasi emas dinilai lebih aman ketimbang valas dan saham karena tidak terlalu fluktuatif. Hal yang paling menarik dari investasi emas adalah, bisa dilakukan semua golongan mulai dari ibu rumah tangga, pekerja bergaji pas-pasan hingga kaum profesional.

Teknik berinvestasi emas ini bisa dimulai kapan saja dan tidak harus memiliki dana yang banyak untuk  memulainya. Mulailah dari yang kecil dulu. Misalnya mulai membeli koin emas dengan berat 1 gram, 2 gran, dan seterusnya hingga kebun emas tumbuh dan siap diuangkan.

Umumnya berinvestasi emas dapat dilakukan dengan membeli emas perhiasan,  emas batangan, koin emas, sertifikat emas, saham pertambangan, atau kontrak emas berjangka.  Ini adalah jenis-jenis  investasi dalam emas yang bisa Anda pilih dan lakukan. 

Namun demikian, hal yang perlu diperhatikan adalah bila tujuan investasi Anda adalah benar-benar untuk invest, lebih baik pilih emas batangan daripada emas perhiasan. Karena berinvestasi dengan emas perhiasan menghasilkan keuntungan yang sedikit, karena  ketika Anda membeli perhiasan, uang yang Anda bayarkan terdiri untuk harga emasnya, ongkos pembuatan, desain, dan merk. Sedangkan bila dijual, Anda hanya mendapatkan nilai emasnya saja. Selain itu cobalah berinvestasi dengan dengan emas yang kemurniannya mencapai 22-24 karat.

Di Indonesia, emas batangan bisa dibeli di PT Aneka Tambang Tbk divisi Logam Mulia maupun di Perum Pegadaian





No comments:

Blog Archive