Tulisan Terbaru

Saatnya Mewujudkan Hobby Menjadi Bisnis Besar

Memiliki bisnis merupakan impian banyak orang. PNS, karyawan swasta, mahasiswa bahkan kaum ibu rumah tangga jika ditanya hampir semua setuju ingin memiliki bisnis. Hal ini tentunya cukup beralasan karena bisnis akan menjadi  sumber pendapatan baru, bebas berkreasi dan berinovasi, bebas mengatur waktu, juga  memiliki penghasilan yang tidak terbatas.

 Membangun bisnis tentunya tidak mudah. Banyak faktor yang mesti dikuasai dan benar-benar diperhatikan agar bisnis yang dibangun mampu berjalan dan survive. Tetapi  membangun bisnis juga bukan berarti  sulit. Seorang yang memiliki tekad, keberanian dan nyali yang tinggi dan tanpa pikir ini itu bisa membangun sebuah bisnis dengan cepat.

Berdirinya sebuah bisnis  berawal dari banyak hal.  Ada bisnis yang diturunkan/pemberian orang tua. Ada juga bisnis yang berawal dari kerjasama saat iseng-iseng dengan teman. Bisnis juga bisa lahir karena tiba-tiba ada peluang. Bisnis juga bisa berawal akibat kena PHK, dan ada juga bisnis yang berasal dari hobby.
Berbicara tentang bisnis yang berasal dari hobby, saat ini begitu banyak orang sukses yang membangun kerajaan bisnisnya hanya dari kegemaran yang dimiliki. Tidak jarang orang mengalami sukses besar karena diawali dari hobby. Kita lihat saja, begitu banyak kisah sukses para pengusaha yang membangun bisnisnya dari hobby.

Bisnis yang dibangun pun beraneka ragam. Dari yang hobby buat kue jadi pengusaha cake and bakery. Dari yang hobby membaca akhirnya bisa membuat buku dan menjualnya. Dari yang hobby koleksi boneka akhirnya bisa menjadi pengusaha boneka dengan aneka bentuk dan ukuran. Yang hobby otomotif, akhirnya bisa membangun bisnis berupa  doorsmer dan perbengkelan. Bahkan yang dulunya hobby utak-atik handphone, akhirnya bisa jadi agen penjualan handphone. Bahkan yang hanya hobby main layangan pun bisa sukses dengan menjual layangan yang dibuat dengan anekan bentuk dan warna.

Bagaimana dengan Anda? Tentunya Anda memiliki hobby bukan? Cobalah menggali dan memulai akivitas yang berorientasi bisnis. Kerjakan hal-hal tersebut dari rumah terlebih dahulu sambil tetap melihat peluang-peluang yang ada. Sebagai contoh, jika Anda memiliki hobbi dibidang utak-atik mesin komputer, cobalah menekuni bagaimana menjadi teknisi komputer. Setelah itu tawarkan jasa ke teman-teman terlebih dahulu untuk memperbaiki komputer mereka. Selanjutnya Anda akan merasakan kemajuan – kemajuan. Jika sudah demikian, segeralah mulai bisnis Anda.


Penulis sendiri memiliki hobby dibidang desain-desain dan utak-atik foto untuk diedit. Sambil menjalankan bisnis pendidikan yang dikelola, saat ini saya juga memiliki bisnis baru yang didasari hobby tersebut.  Saat ini saya punya usaha bidang cetak mug digital, pin digital, ID card yang telah mulai menunjukkan hasilnya. Kedepannya saya akan membuka jaringan dan variasi produk sesuai dengan hobby saya. Sekarang giliran Anda. Oh ya bisnis cetakan untuk mencetak Mug Cantik adalah bisnis yang saya bangun dari hobby saya selama ini.

image: businessweek.com

No comments:

Blog Archive