Tulisan Terbaru

CUACA PANAS, APA YANG MESTI DILAKUKAN?


Akhir-akhir ini suhu di berbagai kota Indonesia sering tidak stabil dan cenderung panas terutama di siang hari. Dengan cuaca panas yang kadang berlangsung berhari-hari ini biasanya daya tahan tubuh akan mudah drop dan gampang mengalami kelelahan yang ditandai dengan gejala pusing, sakit kepala bahkan pingsan.


Selain kelelahan, cuaca panas dapat menimbulkan berbagai efek yang sangat merugikan seperti memicu stress, biang keringat, dehidrasi, dan berbagai penyakit kulit oleh jamur. Bahkan yang lebih berbahaya bisa menimbulkan serangan jantung tiba-tiba, kram perut, kram otot, dan gangguan paru-paru terutama bagi bayi dan usia lanjut. 

Dalam keadaan seperti ini dibutuhkan ketenangan dan tindakan-tindakan agar kita tetap merasa aman dan nyaman terutama bagi yang beraktivitas tinggi setiap harinya.

Apa yang mesti dilakukan? 
  • Minum lebih banyak cairan meskipun tubuh tidak merasa haus. Jika ada masalah kesehatan seperti penyakit tertentu sehingga dokter membatasi asupan cairan, sebaiknya konsultasikan ke dokter berapa banyak cairan yang aman dikonsumsi. 
  • Hindari minuman yang sangat dingin saat udara terlalu panas karena dapat menyebabkan kram perut. 
  • Hindari minum minuman yang beralkohol atau mengandung banyak gula karena jenis minuman ini bisa membuat tubuh kehilangan cairan lebih banyak. 
  • Batasi kegiatan di luar dan lebih baik melakukan aktivitas di luar ruangan pada pagi atau sore hari. 
  • Kenakan topi yang lebar, payung dan kacamata untuk meredam siraman matahari yang panas jika harus pergi ke luar ruangan. Selalu usahakan berlindung sejenak di tempat teduh jika melakukan perjalanan siang hari. 
  • Jangan pernah meninggalkan bayi, anak-anak atau binatang peliharaan dalam mobil walaupun dalam waktu singkat karena panas dapat membunuh dengan cepat. 
  • Usahakan untuk menggunakan baju berwarna cerah, longgar, dan berbahan katun sehingga tubuh tidak menyerap panas. 
  • Jika tubuh Anda berkeringat terlalu berlebihan, maka tubuh perlu mengganti zat garam dan mineral yang keluar dengan minum minuman yang mengandung elektrolit. 
  • Gunakan cream/lotion untuk selalu melindungi kulit dari terpaan sinar matahari. 
  • Tidak perlu mengipas-ngipas tubuh dengan gerakan tangan, karena hal itu justru membuat tubuh bergerak yang akan menghasilkan energi yang menimbulkan panas.

Dengan melakukan hal di atas, setidaknya bisa mengurangi efek-efek merugikan bagi tubuh sehingga kita tetap konsentrasi dan dapat melakukan aktivitas dengan baik.

No comments:

Blog Archive