Tulisan Terbaru

Belanja Online Selalu Dituntut Kehati-hatian dan Pertimbangan yang Matang


Yang namanya belanja online tentu ada plus minusnya. Plusnya adalah saat belanja kita tidak perlu transportasi ke tempat belanja, tidak direpotkan antri di kasir, merasa aman dan nyaman karena tidak khawatir harus bawa uang tunai, tidak perlu repot bawa keranjang belanja dan berkeliling cari barang ke sana kemari, dan tetap bisa melakukan aktivitas di rumah atau kantor.

Pun demikian, saat belanja online mesti hati-hati. Jika tidak, kita bisa tertipu dan uang pun raib. Untuk mengantisipasi hal ini, pastikan dulu apakah tokonya jelas dan memiliki alamat yang jelas. Hal ini bisa diketahui dari referensi teman-teman serta kelengkapan informasi websitenya dan testimoni orang-orang yang sudah pernah belanja di sana. Selain itu, sebelum belanja tidak salah menghubungi adminnya via nomor telepon atau email yang tertera. Jika responnya cepat dan akurat, itu menjadi pertimbangan utama untuk memberanikan diri belanja di sana. Juga kita mesti mengetahui eksistensi tokonya, apakah sudah terkenal di dunia online atau belum. Jika tidak, coba berpikir dua kali untuk belanja disana. Juga dari harga barang yang ditawarkan. Apakah mereka sangat murah dan memberi diskon yang tidak masuk akal? Jika iya, urungkan niat dan cari toko lain. 

Secara umum belanja online sebenarnya aman-aman saja bahkan lebih aman dibanding belanja langsung/offline. Bayangkan saja, kita hanya bertransaksi di depan komputer dan barang yang kita beli sudah diantar langsung ke rumah.

Pengalaman saya selama belanja online selama ini selalu lancar dan tidak pernah bermasalah. Walau pernah mengalami hambatan, namun semuanya bisa teratasi.  Hal ini mungkin saja karena selama ini saya selalu hati-hati dan memilih belanja di toko yang sudah terkenal dan eksistensinya telah diakui. 

Namun saya pernah mengalami "sesuatu" saat belanja di eBay, toko online yang terkenal itu. Saya hampir kehilangan uang saya. Awalnya, saat searching item yang ingin saya beli di webnya, saya menemukan barang yang cocok berupa jam tangan dan gelang stainless steel. Kedua item itu saya beli dari dua penjual yang berbeda. Barang-barang itu adalah jenis free shipping alias gratis ongkir. Saat terjadi transaksi, penjual mengatakan bahwa item itu akan sampai sekitar 1-1,5 bulan kemudian. Artinya kedua barang sudah harus saya terima paling lambat tanggal 9 dan 14 April 2014.  Namun setelah menunggu hingga waktu yang ditetapkan, barang yang saya pesan pun tidak sampai. Lalu saya tanya penjual via email. Tidak berapa lama mereka menjawab dengan mengatakan agar saya bersabar. Lalu saya menunggu selama seminggu. Barangnya juga tidak sampai. Saya tanya kembali dan mereka menjawab dengan mengatakan agar bersabar. Bersabar seminggu lagi! Ehhhh mereka juga tidak mengirim apa-apa.



Akhirnya saya menghubungi admin ebay melalui fasilitas resolution centre dan melanjutkannya ke status Escalate This Case (gambar di atas). Saat menghubungi recolution centre, eBay mengatakan bahwa mereka akan mengurus ke pihak penjual dalam tempo maksimal 48 jam. Tidak sampai menunggu 48 jam, saat  saya pagi ini membuka email (26/4 2014), pihak eBay telah mengurusnya dan uang yang saya pakai untuk belanja tersebut telah dikembalikan si penjual ke paypal saya (gambar bawah).



Syukur, walau telah menunggu 2 bulan lebih dari saat pembelian barang, akhirnya uang saya dikembalikan. Namun masih ada satu item lagi barang yang belum saya terima dari penjual lain. Rencananya kalau tidak sampai dalam minggu ini, maka akan saya hubungi lagi pihak eBay melalui resolution centrenya dan semoga uang saya dikembalikan kembali oleh pihak penjual.

Pertanyaan yang muncul dengan kasus ini adalah, mengapa hal ini terjadi yang selama ini tidak pernah mengalami hal seperti ini? Setelah saya analisa, hal ini kemungkinan besar diakibatkan status "Free Shipping" disamping kemungkinan juga ulah si penjual. Selama ini memang saya tidak pernah belanja dengan status free shipping ini. 

Apapun itu, yang namanya belanja online selalu dituntut kehati-hatian dan pertimbangan yang matang. Happy Shopping!

No comments:

Blog Archive